9/14/2019

Aplikasi BPOM Mobile (2D Barcode)



Rerata konsumen yang melek keamanan makan dan kosmetik, sering menanyakan  no POMnya pada penjual online. Saya  sering cek nomor herbal yang saya pasarkan di website. https://cekbpom.pom.go.id/.  Sekarang ada yang baru aplikasi BPOM Mobile (2Dbarcode), Sebenarnya tidak baru karena  sudah dari tahun  2018. Hanya saja belum memasyarakat atau saya saja yang kudet alias kurang update.  

Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP, Kepala Badan POM RI, mengkampanyekan  aplikasi ini berbarengan dengan Program Nasional Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja. Tanggal 7 September 2019, bertempat di Kemang Village. Pemerintah berharap masyarakat cerdas dan berdaya dalam melindungi dirinya, keluarga dan lingkungan.

Kepala Badan BPOM dalam talk show Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) duduk bersama dengan Bapak Tulus Abadi, Ketua YLKI. Bapak Ojak S. Manurung, SE, M, Kementerian Perdagangan. Bapak Fathurrahman, ST, APRINDO. Ussy Sulistiawaty, Womenpreneur dan Selebriti. Talk show dipandu oleh Ananda Omesh


Klik kepanjangan dari Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluarsa. Masyarakat hendaknya peduli dengan kemasan produk, kondisinya baik, tidak berlubang,  sobek, karatan , penyok dan laim-lain. Biasakan baca informasi produk yang tertera pada label. Lihat juga Izin Edar, bisa dilihat di aplikasi android Cek BPOM. Terakhir Kedaluwarsa. Bila membeli sesuatu cek tanggal kedaluwarsa.

Untuk mendapatkan aplikasi, dapat diunduh di google play (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bpomttac&hl=in  dan App Store (https://apps.apple.com/id/app/bpom-mobile/id1297166396





BPOM  adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan. Seperti FDA (food Drug Administration) di Amerika. Fungsi BPOM mengawasi peredaran Obat dan Makanan di Indonesia.


Aplikasi ini disediakan oleh BPOM agar masyarakat mudah cek obat makanan yang terdaftar. Kalau menemukan masalah dengan suatu produk bisa dilaporkan melalui fitur Pengaduan.  Selain mendapat berita ter-update berkait dengan isu-isu seputar obat dan makanan.

Manfaat aplikasi BPOM mobile untuk verifikasi produk. Dalam bentuk scan barcode 2D. Sekarang kemasan masih belum banyak mempunyai barcode 2D. Secara bertahap BPOM akan menerbitkan barcode seperti ini.





Fitur dalam BPOM Mobile




CEK PRODUK
Cara penggunaannya klik Cek Produk, kemudian scan/pindai 2D barcode (Q.R code, data matrix) Bila barcode belum ada,  lakukan langsung ketik di Nomor Ijin Edar.
Saya agak kesulitan mencari produk yang ada dalam rumah  menggunaakan. barcode 2D. Mudah-mudahan kemasan ber-code ini semakin banyak.




Kalau tidak bisa arahkan saja sembarang  barcode 2D di internet. Kemudian ketik no izin edar  BPOM. Biasanya tercantum dalam kemasan. Maka akan terlihat:





Nama produk
Nomor Ijin Edar
Tanggal Kedaluarsa
Masa berlaku nomor izin edar
Nama dan alamat Pelaku usaha
Kemasan


Bisa juga cek Nomor Izin Edar menggunakan aplikasi Cek BPOMhttps://play.google.com/store/apps/details?id=cekbpom.pom.app&hl=in). Bagi saya ini lebih mudah untuk cek apakah produk tersebut sudah terdaftar atau belum. Akan datang bila semua produsen sudah memasang 2D barcode tentu lebih mudah lagi. Pindai QR code tersebut menggunakan aplikasi BPOM Mobile.




Riwayat Scan
Menu untuk melihat  riwayat Pemindaian yang sudah dilakukan. Baik berhasil memindai atau belum.

Berita

Dalam menu ini ada berita terkait dengan pengawan obat dan makanan



Pengaduan
-        Terlebih dahulu login. Isi dengan email dan kata sandi. Bisa juga dengan  akun facebook. Bila belum mendaftar, daftar terlebih dahulu. Isi alamat email, nama Lengkap, nomor ponsel, kata sandi selanjut tekan tombol daftar.

-         Bila data tidak muncul atau nomor ijin edar (NIE) langsung muncul  formulir pengaduan.
-         Atau langsung isi pada fitur Pengaduan.



Isian pada pengaduan adalah masalah, nama produk, nomor batch/bets, NIE, tanggal pembelian, Nama tempat pembelian dan alamat pembelian.
Untuk pendukung sertakan foto, paling tidak dua foto.
Selanjutnya tekan tombol kirim.
Bila ingin berbicara langsung dengan petugas BPOM RI hubungi HALOBPOM di nomor telepon 
1-500-533

-          Selamat  cek produk Obat, Kosmetik dan Makanan. Sebarkan pada keluarga dan teman agar mereka juga mudah untuk cek. 








No comments:

Post a Comment