11/17/2012

WOMEN AND COMMUNITY'S DAY


     Nova sebentar lagi 25 tahun pada 25 Februari 2013.  Tabloid ini mengawali acara ulang tahunnya dengan acara Nova Ladies Fair bertajuk Women and Community’s Day Out tanggal 12 November 2012, Wo wo,  2 kata yang asik. Nova dan komunitas. Kalau Nova itu orang,  sudah dewasa nkali, aku kenal sama dia sejak balita  tahun 1994. Tapi aneh kok dia yang ngajari aku masak dan keperluan perempuan lain. Aku ingat ketika KKN tahun 1996 di Imogiri, ada acara peresmian sesuatu, nah otomatis makan-makan. Bingung ketika disuruh menyajikan. Untung ada edisi nova memanfaatkan daun pisang sebagai hiasan pinggir tampah dan tempat yang lain. Selamat deh hari itu. Ada dua hal yang kupetik hari itu, sederhana namun hasilnya lumayan dan bisa berbagi ketrampilan dengan masyarakat. Bikinnya gotong royong. OOT. Out of topic.
       Balik lagi ke lokasi acara di parkiran Selatan Senayan. Memasuki kawasan ini disambut dengan gerbang Nova Ladies Fair,  disampingnya ada loket tiket, dengan Rp 10.000 dapat memasuki area bazar. Benefit  bisa mengikuti dengan gratis berbagai talk show, acara memasak, dan rangkaian acara lainnya Untuk memudahkan mengetahui denah lokasi  disediakan peta, fasilitas lainnya juga ada pusat informasi, dan tak ketinggalan tempat narsis untuk foto.

     Acara dibuka oleh ibu Vita Gamawan Fauzi, selaku Ketua PKK Pusat dengan melepaskan balon-balon  berwarna  pink dan ungu didampingi anak-anak. Sebelumnya beliau memberi sambutan antara lain Nova memberikan banyak memberikan inspirasi, pengetahuan, dan berita yang update bagi kaum perempuan. Dengan terselenggaranya acara yang bertema Women and Community’s Day Out diharapkan perempuan bisa berbagi pengalaman dan ketrampilan. Kemudian beliau antusias sekali mengikuti kegiatan karena nama beliau Vita Nova. 

     Fasilitas yang disediakan Nova benar-benar untuk ibu banget. Ada tempat untuk menyusui, dan bermain anak-anak. Sementara para ibu dan calon ibu menambah pengetahuannya lewat acara yang difasilitasi Nova mereka bisa menitipkan anak di booth  Nakita. Aku kurang tahu apakah ini KID PLAY LAND, sebab sebelum acara aku tidak mencari informasi terlebih dahulu. Alangkah baiknya sebelum masuk area Fair/Bazar, kalau memang ada map dan pusat informasi dimanfaatkan maksimal.





Panggung yang disediakan untuk para perempuan  berbagi. Talk show interaktif dari berbagai komunitas, Perempuan Inspiratif Nova dan pengasuh rubrik. Jadwal yang kudapatkan dari forumnova.tabloidnova.com


07.00 Senam Jantung Sehat (Komunitas Jantung Sehat & Titi Kamal)
08.00 Opening Ceremony (Ny. Vita Gamawan Fauzi, Pemred NOVA)
09.30 Parade Perempuan Inspiratif NOVA & 15 komunitas
10.00 Talkshow Kompetisi Hijab Stylish (Jena Hara, HijabersMom)
10.45 Talkshow & Product Launching AmaranthineBREAK
12.10 Talkshow Me Time: Cheap Backpacker (Imazahra, Komunitas Muslimah Backpacker)
12.55 Talkshow Investasi Emas & Properti untuk Pensiun dan Anak (Teja Sari)
13.50 Talkshow Fun Test Drive (Daihatsu)
14.35 Fashion on Street by Attack Easy (by all komunitas)
15.35 Korean Hair Sensation (Rudy Hadisuwarno & komunitas Korea)
17.15 Flash Mob (seluruh komunitas)
BREAK
18.30 SM*SH 
19.00 Female Percussion 
19.15 Demo Masak Kungfu Chef & Female Percussion
19.35 Performance 21st NIGHT
20.15 Maliq & D'essential 


COOKING DEMO STAGE
10.00 Demo Masak by Komunitas La Femme Patisserie
10.45 Demo masak sehat tentara by TNI AL
BREAK 
12.10 Demo masak NOVA (bento) 
12.55 Demo masak battle SM*SH vs Cakra Khan
13.50 Demo Masak MomPreneur

COMMUNITY ZONE
10.00 Pembukaan oleh Redaksi Nova 
10.15 Perkenalan dan Promosi Komunitas (part 1)
11.00 Talkshow bisnis online dari rumah
BREAK
13.00 Perkenalan dan Promosi Komunitas (part 2)
13.45 Talkshow Komunitas Organik Indonesia
14.45 Talkshow Pecinta Kucing

KIDS ZONE
10.00 Menghias Boneka 
11.15 Menghias frame photo
BREAK
13.00 Story telling dengan Boneka Jari

PIN (Perempuan Inspiratif NOVA) EXHIBITION
10.00 Pembukaan oleh Redaksi Nova 
11.00 Perkenalan Product PIN 
11.15 Launching buku dan talkshow 
BREAK  MAIN STAGE
13.00 Perkenalan product PIN



Jam 12 lewat saya duduk di kursi yang disediakan panitia mini talk show. Tampak di depan ada Ima Zahra, dari komunitas Muslimah Backpacker. Ia bercerita tentang  pengalamannya. Tips dalam mempersiapkan perjalanan ala backpacker.

-          memesan tiket pesawat jauh-hauh hari. Biasanya maskapai tertentu mengadakan promo. Lumayan menghemat.
-          penginapan, bagi yang sudah mempunyai networking  lebih mudah karena bisa menginap di tempat kenalan tersebut. Tentu saja tak serta merta ketika ingin berangkat cari teman di negara tujuan lalu menginap.
-          Hunting tentang tempat wisata yang akan dikunjungi, kultur dan kebiasaan masyarakat. Namun ada juga pelancong yang suka dengan kejutan. Tanpa riset terlebih dahulu.
-          Terakhir, dan lain-lain. Sayang saya tak mencatat hanya menyimak, jadi saya lupa tips berikutnya. Rugi ya. Kalau anda hobinya menulis memang harus siap mencatat itu, walau acaranya di outdoor. Kecuali kalau memang ingatan bisa menyimpan banyak.
Booth yang disediakan bervariasi dari urusan kecantikan, memasak hingga kendaraan. Semua kebutuhan perempuan  hampir terpenuhi oleh tenant yang ada, komunitas,  Nova creative Corner.


Mushalla disediakan di tempat yang strategis, memenuhi konsep even Women's Mainland all about women's need from AM to PM. Dari pagi hingga sore ngubek-ngubek  Fair, tanpa takut tidak sholat dan Food Court yang menyediakan beragam kuliner. Walau panas manggantang (bahasa Banjar: panas terik) melompat saja ke bagian makanan dan minuman. Malah ketika beli jus botolan beli tiga dapat tempat makanan anak. H h teteep emak suka bonus. Peduli di rumah sudah menumpuk tempat makan. 






Acara komunitas dimulai Mona Ratuliu dari Paren Think diwawancarai. Kemudian sekitar jam 10 an aku duduk di booth komunitas Emak-emak Blogger, memandangi emak Mira Sahid pendiri KEB, memandu acara perkenalan komunitas-komunitas. KEB berdampingan dengan  komunitas  Female Photographer Community. Aku sempat minta penjelasan tentang dasar-dasar memotret dengan bu Mira Chandra founder komunitas tersebut.  Sedang dari Emak-emak Blogger, berbincang dengan Wylvera tentang menyelesaikan sebuah buku sementara ada keinginan ikut lomba menulis juga. Tipsnya 1 lembar saja 1 hari dari dalam sebulan sudah 30 lembar. Konsisten. Kalau hari itu bolong maka hari berikutnya harus 2 lembar. Harus dicoba. Sementara dari Indari Mastuti, penggagas Ibu-ibu Doyan Menulis dan PIN 2010, aku memperoleh trik menggunakan jilbab tanpa peniti. Ia mempunyai buku tentang itu. 

Tidak hanya itu ketika mampir di Momprenuer diajari cara membuat hiasan pensil dan bros dari roti yang sudah lama. Caranya lem fox dicampur dengan roti, satu banding satu. Saya juga sempat berbincang dengan ibu Ries Suryanita, dulu ketika acara Nova Talk’s Women sempat bertemu. Beliau ini banyak ide. Menurut beliau tak perlu punya pegawai kalau ingin memulai sesuatu bisnis. Kerjasama dengan pengrajin lalu di beri label yang kita miliki. Tentu saja quality control tetap harus dinomorsatukan. Pebisnis lebih konsen pada pemasaran dan ide-ide. Masih dalam satu booth, usaha Ummi Nazhifah  dimulai dari berbagi ketrampilan  sulam pita ibu-ibu berkembang jadi rekanan. Ummi ini betul -betul memperhatikan kualitas hasil pekerjaan rekanannya. Belakang hasil sulaman diperhatikan 


Sore itu banyak ilmu yang aku peroleh bertemu dengan berbagai komunitas. Penat berkeliling sorenya disungguhi acara Fashion Show On Street, aksi foto dan   flash mob dari berbagai komunitas.







Matahari berjalan ke belahan bumi lain. Magrib datang dengan indah. Seindah syukurku pada Allah yang telah memberi kesehatan dan kesempatan untuk meraih ilmu.










No comments:

Post a Comment