4/23/2015

Coco Ichibanya Good Smell Good Curry


“Irrasaimashe” atau irashaimas sapa ramah penyambut tamu #cocoichibanya di siang yang hangat. Saptu 11 April 2015 saya berkesempatan menyambangi sebuah #cococurryhouse yang baru dibuka tanggal 26 Februari 2015. Coco Ichibanya cabang  #summareconmallbekasi. Letaknya di Downtown Walk unit DW 109. #Cociichibanyasmb ini merupakan cabang kedua #cocoichibanyaindonesia setelah di Grand Indonesia.

Penyambut tamu tersebut memberikan sebuah daftar menu, bentuknya brosur.  Tidak seperti daftar menu pada umumnya. Ada bagian cara mengorder makanan.  Penikmat kuliner diberi kekuasaan penuh untuk mengukur perutnya, tingkat kepedasan curry, dan selera topping.

Pertama pilih ukuran nasi. Ada berbagai size sesuai keinginan. 150 gr,  250 gr, 350 gr, 450 gr, 550 gr, dengan harga, semakin besar ukuran semakin besar pula uangnya. Biasanya perempuan 150 gr. Kalau laki-laki 350 gr. Perut sedang lapar pesan ukuran jumbo.   Di dapurnya ada timbangan lho. Nasi terukur tepat.



Nasi berasal dari beras, khusus diimpor dari Jepang. Bentuk dan ukurannya berbeda dengan beras Indonesia. Curry Coco Ichibanya akan berbeda bila dinikmati dengan beras jenis lain Bentuk bulir beras kecil. Kalau yang biasa masak nasi pasti tahu bulir beras itu bermacam-macam,ada yang pendek, panjang. Untuk beras jenis kecil dan  panjang, misalnya beras perak (contoh untuk nasi goreng, nasi padang, beras duyung dari Kalimantan Selatan) diperlukan air yang lebih banyak. Sedang untuk jenis yang pulen  tidak memerlukan air yang banyak. Kebanyakan bisa lembek.


Kedua memilih ukuran pedas (choice of spiciness). Pedas bukan berasal dari cabai melainkan dari lada. Kata manajer Coco Ichibhan, Riana, yang saya temui  di resto, campuran cabai menyebabkan taste curry/kari berbeda dengan standar Coco. Di Indonesia dan Thailand tingkat kepedasan hingga 5. Negara yang orang-orangnya peka dengan ‘pedas, levelnya hingga  10. Seperti resto di Hawai. Di Indonesia harga setiap level sama. Coco Ichibanya di negara lain ada yang berbayar setiap naik level. Ukuran pedas itu adalah:

Mild , untuk anak-anak. The mildes plavor untuk anak-anak dan orang yang tidak terbiasa pedas.
Standard. Standar rasa Cocoichi
Level 1/ medium hot. Pilihan untuk yang ingin membangkitkan  taste bud (indera  pengecap pada lidah) dan menggelitik neuroepithelial.
Level 2/ hot.
Level 3/ truly hot.
Level 4/ super hot
Level 5/crazy hot. Untuk penyuka pedas pasti langsung memilih ini. Pedasnya seperti merica. Tidak menyengat di lidah dan tidak sampai membuat keluar air mata.

Ke tiga memilih topping. Jenis-jenis topiing itu adalah boiled egg, corn, chicken cutlet, lightly crisped chicken, fried chiken, Hamburg, sausage, beef shabu, beef, minced beef, fried shrimp, vegetable, spinach, mushroom, cheese, natto, cream croqutte, extra sauce.

Kalau masih sulit menentukan pilihan,  sudah ada contoh pilihan berikut harganya.  Tentu saja boleh memilih topping tanpa nasi. Kalau mau icip beras Jepang, ya kudu beli nasi. Coba sedikit saja, misalnya yang 150 gr. Untuk pilihan omelette curry, nasinya standard. Pemesan tidak bisa mengutak atik ukuran berasnya.

Ragam omelette curry-nya adalah chicken outlet omelette curry, minced beef omelette curry, creamed chicken omeltte curry, beef omelette curry, creamed mushroom omelette curry, dan fried chicken omelette curry.

Untuk menu saladnya egg salad, Fried chicken salad, corn salad, saisage salad, dan mini salad.


Setelah memilih satu makanan boleh memilih  set menu yang dibrandol Rp 25.000, menunya berupa mini salad dan minuman. Untuk di SMB baru ini yang tersedia. Di Grand Indonesia ada set menu, tambahannya ice cream harganya menjadi 35.000.
Pilihan minuman beragam, iced tea, iced lemon tea, water, orange juice, apple juice, cola, sprite dan green tea. Saya dengan teman memilih es teh lemon, dan apple juice. Minuman apel menurut saya segar sementara teman saya iced lemon tea yang top.

Ada yang spesial untuk anak-anak yaitu children curry. Pas saya makan ada anak-anak Jepang yang sedang makan. Sayangnya saya tidak berani meminta ijin foto. Fotonya dari belakang saja. Sebelum makan juga ada. Dasar suka foto, intip-intip foto piring anak tersebut.

 Kari ini tidak beraroma menyengat. Untuk anak-anak yang tidak menyukai aroma tajam. Curry Ichibanya sebuah pilihan yang tepat. Beda dengan kari India yang aromanya super.

Saya memilih Luscious Salmon. Karena pertama ada salmonnya dan menu ini limited edition. Untuk pilihan terbatas lainnya adalah Juicy Hamburg.

Pas untuk saya yang tidak senang asin. Rasa tawar di daging Salmon berpadu dengan kuah curry level 5. Hanya saja karena saya exited foto pesanan teman-teman. Karinya dingin. Saya cicip level pedasnya, menurut saya kurang pedas. Tambah  tobi kara seperti togarashi  berupa berupa paduan chilli powder dan lada bubuk. Coco Ichibanya tidak menggunakan sambal/cabai karena akan merusak rasa dan tekstur curry..






Akhirnya saya meminta kuah curry lagi, kali ini tingkat kepedasannya standar. Hangat lebih pecah di lidah. Kuah curry-nya kental, pas.  Saran saya kalau menikmati hidangan ini jangan ngobrol. Nikmati setiap sendoknya. Mau asem-asem tambahkan acar terdiri dari lobak, terong, timun. Nama pickles/acar ini adalah Fukujinzuke.

Kalau bareng Mak Nunik, Khalida Fitri, biasanya kita tidak sungkan untuk saling icip makan. Sengaja pesan makanan berbeda-beda. Mereka pesan Fried Shrimp Curry, Fried Chicken Curry, Chicken Cutlet Curry, Cheese Hamburg Curry, tambahan Sausage Salad. Porsi salad ini cukup untuk orang berempat. Udangnya crunhy. Ayamnya lembut dan matang hingga ke dalam. Hamburgernya berasa daging yang segar.

Oh ya saya bareng makan dengan Rani, ibunya seumur saya. Wah hang out bareng dengan anak muda. Ia memilih Chicken Cutlet and Vegetable Curry. Coco Ichibanya cocok juga dengan anak muda ya. Karena aromanya pas dengan hidung mereka. Saya melihat ada juga remaja memesan ia duduknya tidak di ruang resto, melainkan duduk di ruang terbuka. Rumus gastronomi  yang kesekian adalah tentang aroma. Good  Smell.

Informasi yang saya peroleh basic curry yang banyak dipesan adalah  yang dipesan Rani, minced Beef cutlet dan cheese curry.  Sementara omelettenya: Omelette Cream Chicken Curry dan Omelette Beef Curry. Kami memesan Creamend Mushroom Omelette Curry. Bukan emak-emak kalau tidak tanya.  Jamurnya ada tiga macam shiitake, king oyster, dan champignon. Jamur itu banyak khasiatnya, antara lain dapat menyehatkan jantung karena kandungan kaliumnya. Menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Sedang minumannya iced lemon tea. Potongan lemon besar ada dalam gelas. Info yang saya peroleh lemon tersebut impor. Tantangan untuk petani lemon Indonesia, untuk menghasilkan produk serupa. Saya suka dengan jeruk nipis dan lemon. Selang-seling di minum pagi hari sebelum mengkonsumsi yang lain,  khasiatnya  banyak.




9 comments:

  1. Tengah maem gini bikin laper aja mak baca postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selera makan itu bisa dari tulisan Mak Lid :D

      Delete
  2. waaaa, mau nyobain juga jadinya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah nyoba belum? Berani nasi ukuran besar?

      Delete
  3. Halo mba, salam kenal, kita ketemu di Communicasting
    Postingannya keren, serasa sedang makananya langsung.
    Btw, blognya keren mba

    ReplyDelete
  4. Mbak, kalau makan makanan asing itu suka ada kekhawatiran kehalalannya nggak? Aku termasuk yang kudet makanan asing karena suka khawatir ingrediennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku tidak diberitahu bahwa itu halal atau tidak, lebih baik tidak. Kalau kemaren manajernya bilang no pork. Ku pikir tidak mungkin ia mempertaruhkan nama baiknya. Di Indonesia kalau mau buka resto memang kudu mengurus sertifikat Halal. Kayaknya untuk resto Indonesia ada juga yang tidak mau mengurus atau keukeuh tidak mau menghilangkan makanan tidak halalnya. Saya lihat resto itu ramai. Aku salut sama Bebek Kaleyo, yang punya mau mengurus sertifikat halal. Ia benar-benar mengerti bisnisnya dimana.

      Delete
  5. deket rumah saya. Kayaknya kapan-kapan saya mau nyobain kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru lihat ini Chi. Ramai banget ya SMB itu. Tiap aku kesana penuh.

      Delete