7/29/2018

Jakarta Modest Fashion Week 2018

Gaung Modest Fashion Week saya  tangkap ketika Franka Soeria hadir Muffest 2016. Ia salah satu penggagas acara mode tersebut di Istambul.  Tahun 2018 tepatnya tanggal 26-29 Juli, bertempat di Gandaria City, hadir di Jakarta dengan label Jakarta Modest Fashion Week. Sebelumnya di kota Istambul, London, dan Dubai. 

Saya hadir hari ketiga, 28 Juli. Acara talk show di Piazza dan fashion show di Atrium, Gandaria City Taman Gandaria, Kebayoran Lama.










Workshop retail analytic by Omnilytics London: Design with Confidence. Real time trend intelligence

Gunakan sosial  media  IG, twitter,  facebook, Youtube dan lainnya sebagai alat untuk mempromosikan produk. 


Chit-chat with Influencers

Chit-chat bersama  Hasna B (Singapore), Aufa Tokyo (Indonesia-Japan), Leena Asad (USA), Sisi Bolatini (UAE), dan Hamimi Daulay (Indonesia). Chit-chat dipandu Ines Sebiane.

Leena bercerita model tulban yang dikenakannya menginspirasi orang di Amerika. Tips untuk memilih style, jadilah diri sendiri. Itu menyebabkan nyaman dalam berbusana. 

Hasna dulu tinggal di Paris, ia bilang dulu juga mengenakan tulban, di negaranya  tersebut sulit untuk mengenakan asesoris muslim. Baik bekerja maupun ke sekolah. Mengenakan penutup kepala tidak seperti di Indonesia. 

Hamimi menyarankan untuk pemain sosial media, harap berhati-hati dalam membagi konten. Karena ada saja orang yang mencari celah mencari kesalahan.


Press conference designers parade show 4

Press conference hari ketiga menampilkan Elda, Sugeng Waskito (Gee Batik), Mosika Zeid dari Dubai (Desert Cove), Three Little Ahmads (All kids models), dan Dhienda Nasrul. Mode yang diangkat tertutup dan sopan. Tidak saja untuk muslim atau yang berhijab. 




Press Conference Asian Para Games x JMFW Present dream and design for disabilities
Hadir dalam presscon:

Director of Marketing, Promotion and Look & Feel, INAPGOC
Indonesian Asian Para Games Organizing Committee, Mirsya Budiarsi
Thisable Enterprise: Angkie Yudistia, saya tidak melihat ia hadir.
Aksi Cepat Tanggap (ACT): Helmina Sari
Markamarie
Theable Art
Athletes from Para gemes: Laura Aurelia Dinda & Nor Aimah



@modestfashionweeks menggandeng @actforhumanity suport teman difabel  berkarya dalam design. ACT juga mendukung difabel berkarya dalam melukis agar karya mereka  lebih dikenal masyarakat dunia. 

Menarik yang dilakukan @markamarieofficial dan @thinkfashionco, dalam kesempatan #jmfw mengajak masyarakat lebih aware terhadap difabel. Ada ASIAN Para Games bulan Oktober. Mau ikut berpartisipasi dalam acara Para Games? Masih dibuka kesempatan menjadi volounter. 

Hadir Laninka Siamiyono ia gencar kampanye lipstik untuk difabel. Lewat chanel Youtubenya Whell chair Girl ia kerap membagi tutorial make up. Padahal ia mengalami kesulitan untuk memegang kuas untuk memoles wajahnya. 


Bincang Who made your clothes: Behind the Scene Stories of Fashion Producton. 

Talk show terakhir dengan Ali Charisma dan Khanaan Shamlan. Moderator Wawa Raji founder Blogger Crony. 

Peran  fashion designer, merencanakan, merancang dan marketing. Berkreasi sesuai permintaan pasar. Biasanya untuk brand kecil semua dilakukan sendiri, ujar Ali ketika ditanya tentang peran fashion designer. Sedang Khanaan, fashion designer adalah seorang yang membuat konsep sebuah rancangan. Untuk mewujudkan sebuah rancangan banyak tangan. Untuk workshop Khanaan ada di Jakarta dan Pekalongan. 

Pakaiaan yang dikenakan Khanaan adalah batik kontemporer. Tekniknya tetap batik inspirasi motif dari Jaifur. Pakaian Khanaan sudah masuk Metro. Paling sulit dalam proses pembuatan pakaian  adalah konsistensi produk dan pewarnaan, karena menggunakan teknik batik. 


Ali membagi tips bagaimana cara agar merancang   baju update terus. Padahal perancang sudah senior Ikuti selera konsumen dengan cara mendengarkan lagu yang sedang trend, amati musim. dan event. 

Untuk menghindari penjiplakan karya,  Khanaan. legowo saja. Konsumen akan tahu produknya. Agar menjadi leader, terus menerus  ia selalu mencari inspirasi baru. 

Wawa menyimpulkan  edukasi buyer dan jalin hubungan terus. Agar mereka tahu perbedaan produk mana yang asli. 




Fashion Show: Parade 4 show designers & dream and design for disabillties exclusive show. Elda, Gee Batik, Desert Cove, Three Little Ahmads (All kids models), Dhienda Nasrul, Exclusive: Asian Para Games X JMFW present Dream and Design for Disabilities (Indonesia- Turkey-Germany)






25 comments:

  1. Penjiplakan desain sulit dihindari ya saat ini. Suka dengan sarannya, agar tetap berinovasi.

    ReplyDelete
  2. Keren ya Jakarta Modest Fashion Week kemarin, apalagi ada atlet Paragames bikin kita harus tambah semangat

    ReplyDelete
  3. Wah aku datang hari pertama JMFW. Sayang ga bs sampe malam. Pdhl banyak acara menarik di sana ya huhuhu

    ReplyDelete
  4. acara JMFW kemarin banyak banget informasi positifnya utk pecinta modest fashion ya mba.. masih terkesan sama acara JMFW nih..

    ReplyDelete
  5. aku amazed sama konsepnya Jakarta Modest Fashion Week, talk show dan fashion shownya keren-keren dan kece banget. udah gitu skalanya internasional pulak. kece lah pokoknya

    ReplyDelete
  6. Suka bnget sama desain baju2nya tmbah beragam y mba modelnya..

    ReplyDelete
  7. Aku ngikutin acaranya cuma bisa liat di feeds instagram, kecee bangett MasyaAllah. Pagelaran langka untuk Indonesia bisa jadi tuan rumah ya mba, so lucky of you bisa support langsung datang ke lokasi acara.

    ReplyDelete
  8. Bagi pecinta fashion, acara JMFW cocok banget utk didatangi

    ReplyDelete
  9. seru ya acaranya kemarin... bisa denger sharing para influencer luar negeri

    ReplyDelete
  10. Seru banget ya mba acaranya. Sayang aku enggak ikut nonton fashion shownya karena terlalu malam.

    ReplyDelete
  11. manteb banget ulasannya Jakarta Modest Fashion Week kemarin. influencer favoritku juga kebetulan dateng disini.

    ReplyDelete
  12. turbannya lucu, pantesan jadi trendsetter di negaranya.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah menyaksikan JMFW nih. Aku syka banget model baju2nya. Cantik2 ya.

    ReplyDelete
  14. aku suka banget deh dengan acara yang mejunjung disabilitas, apalagi ada desain baju untuk mereka. karena mereka juga layak looks good disamping kekurangan mereka

    ReplyDelete
  15. sayang banget tahun ini blm bisa datang ke jmfw, dan belum tahu yah tahun depan akan ada lagi atau gak ? berharapnya tahun depan bisa di helat di jakarta lagi...

    makasih yah mbak udah sharing di blognya jadi tahu cerita2nya wl gak bs dateng

    ReplyDelete
  16. Aku nonton dan ini acara sumpah keren banget semoga kedepannya akan ada lagi dan lebih mantap publikasinya karena sayang temen-temen aku yang suka fashion modest ada beberapa yang taunya dadakan.

    ReplyDelete
  17. Keren ya memberikan ruang untuk berkarya bagi para difabel sekaligus mengapresiasi mereka para difabel. Kan mereka juga ingin bergaya dan berkarya 😊

    ReplyDelete
  18. Keren banget acara ini, sayangnya aku ga bisa datang karena ada acara lain padahal pengen banget datang

    ReplyDelete
  19. Aku juga di sana waktu itu. hehehe

    ReplyDelete
  20. Wah seru acaranya! Sayang aku nggak sempet dateng karena bentrok sama acara lainnya :(

    ReplyDelete
  21. Fashion memang harus dibuat sesuai permintaan pasar.

    ReplyDelete
  22. jempol buat Jakarta Modest Fashion Week!

    ReplyDelete
  23. Seru acaranya ya mbak..sayang aku ga bisa datang.

    ReplyDelete
  24. akh .. aku pengen banget ngeliat bagian pas atlit para game nge-catwalk....

    ReplyDelete