1/30/2014

BLOG COMPETITION #WMExpo2014: Passion


Menonton video yang diusung #WMM  kemengkelan (geli banget) melihat tingkah anak-anak menghadapi pembeli, cara mereka menawarkan kepada pembeli, menghadapi pembeli yang suka menawar, kemudian ketika mereka menghadapi pembelian yang banyak, belum sistem pembeliannya.
Boleh jadi sangat lucu namun dalam kehidupan nyata bagi seorang pengusaha yang mulai merangkak itu bisa terjadi. Walau usia bukan lagi kecil.

Saya datang ke expo karena ada undangan dari Kumpulan Emak Blogger yang biasa mengundang anggotanya. Karena pada  jam tersebut saya tidak mempunyai janji, Tak ada salahnya hadir pada acara itu. Pasti banyak ilmu yang saya serap.

Gerbang Senayan pintu Selatan saya masuki. Sudah banyak spanduk besar. Berjajar di sepanjang jalan. Saya hanya sepintas membaca ada Mandiri. Oh itu berarti benar tempat yang saya akan tuju. Ketika saya parkir motor lumayan banyak motor dan mobil yang parkir. Berarti peminatnya lumayan banyak.






Masuk pada pintu utama ada tulisan Mandiri Young Technopreneur. Makanan Apa itu. He he ni emak kurang wawasan.  Boleh sibuk dengan pekerjaan dan membesarkan anak mestinya harus tahu juga hal-hal demikian. Kan membesarkan anak. So ketika anak-anak  minta input tentang kehidupan mereka. Paling tidak bisa memberi gambaran.

Karena saya belum tahu secara pasti apa itu? Akhirnya fokus ke panggung utama. Ada empat pembicara utama yang nantinya akan tampil dalam talkshow  dengan teman women entrepreneurship.

Sesi pertama
Pembicaranya adalah Janehara dan Anton. Mereka adalah pengusaha. Janehara merupakan putri Ida Royani adalah seorang pengusaha hijab. Ia banyak bercerita seluk beluk ketika awal  mendirikan usaha.
Bermodal usaha dari temannya sejumlah 10 juta, mulailah ia berbisnis. Saat itu hamil dan anak pertamanya masih lengket dengan dirinya. Ia merasa sedih karena beberapa tahun selalu mendampingi sang buah hati.
Berkat kerja sama yang baik dengan suami. Maka akhirnya Janehara berhasil melompat, masalah  anak dapat teratasi. 

Janehara  yang bermarga Nasution ini mengukapkan dua hal yang mendasar dalam kehidupan bisnis. Brand identity dan Brand Image.

Mengandeng tangan Mamanya ia menyasar pada anak muda dan membidik pasar tak hanya orang yang mengenakan hijab. Berawal dari passion to fashion.
Bila melihat tokonya yang di Kemang orang tak menyangka koleksi Janehara merupakan pakaian hijabers. Awalnya mereka tidak mau membeli jadi merogoh kocek untuk sehelai karya Janehara. Ia berhasil menjual sebuah karya yang unik. Salah satu strategi pasar, bukan? Jane  juga menyasar pasar global.

So far so good bisnisnya berjalan lancar. Ia meraup keuntungan berlipat-lipat. Uang itu tak segera digunakan untuk jalan-jalan namun  dinvetasikan lagi pada usaha antara lain menggunakan jasa profesional untuk merancang usaha. Sebelum ia mampu membayar konsultan ia bekerja  sama dengan teman-temannya.
Sekarang usaha itu mulai terlihat titik terang. Janehara tak lelah berinovasi rajin melakukan riset agar tepat sasaran.
Saat sesi tanya jawab, ada yang  menanyakan bagaimana strategi menghadapi persaingan bebas/ AFTA? Pengusaha perempuan tersebut menjawab menghibau para masyarakat bangga menggunakan produk dalam negeri, dengan memakai berarti membantu perekonomian rakyat.
.
Pembicara kedua adalah Anton  Wirjono.   Membuat bisnis itu tidak gampang kata Ceo The Good Dep. & Bright Spot. Ia memegang 4 hal Planning, Finance, Marketing, Bussiness.
Awal usaha ia mendapatkan  sebuah lantai mal kawasan Jakarta Selatan. Dapat ide ketika terjebak macet dikarenakan orang berjualan di jalanan, space kosong itu mau diapakan.  Walau ide bisnis menarik, pelaku usaha harus mempunyai data agar investor tertarik dan percaya.

Akhirnya ia berhasil menarik orang untuk berinvestasi. Bisnis itu berhasil dieksekusi. ‘Pasar malam’ itu banyak menyedot pengunjung.
Sangat puas menyempatkan hadir pada talkshow dengan topik: Tren Mode Fashion & Creative dan Strategi Pengembangan Bisnis Lokal dan Go Global.
Tak salah Bank Mandiri menggapuk kedua pembicara sesuai dengan jargonnya Terdepan, Terpercaya dan Tumbuh Bersama Anda.


Tulisan Pertama











Tulisan ini mendapatkan apresiasi dari Bank Mandiri berupa Samsung S4. 













No comments:

Post a Comment