8/20/2016

Potret Cinta B.J. Habibie Pada Indonesia

Bila ditanya kapan Pak Habibie lahir? Atau Pak Habibie presiden ke berapa? Banyak orang mencari di google. Tapi kalau ditanya apa yang dibuat oleh pak Habibie untuk Indonesia? Tidak sedikit yang menjawab. Bapak yang lahir 25 Juni 1936  membuat pesawat untuk Indonesia. Beliau sangat mencintai Indonesia. Karena itu meski dicintai oleh Jerman, sampai-sampai akan diberikan paspor negara Jerman. Sang inspirator menolak, sebuah tawaran yang langka untuk orang asing.

Soeharto, tahun 1973, meminta doktor ingenieur ini untuk menjadi penasihat  dibidang teknologi  pesawat terbang langsung di bawah presiden.. Saat itu beliau menjabat vice president dan direktur teknologi di Messerschmitt-Bolkow Blohm. Sebuah perusahaan kedirgantaraan di Jerman.  Tahun 1978- 1997 menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek). Juga menjadi Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Beliau mempunyai yayasan ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia), jargon Imtaq (Iman Taqwa) dan Iptek sangat terkenal pada saat itu. Potret kecintaan beliau pada masyarakat terutama insan muda untuk tidak melupakan hal itu.

Tahun 1981, mendapat gelar profesor dari ITB. beliau yang sering dikatakan kecil tetapi semuanya otak. Cerdas sekali. Gelar Doktor Teknik Mekanik dalam bidang desain dan konstruksi pesawat udara diperoleh  sebelum usia 40 tahun. Tahun 1995 berhasil melahirkan pesawat N250 Tetuko. Seperti  tanggal lahir  beliau 25 Juni 1936. Waktu saya kecil, bangga sekali menyaksikan pesawat tersebut bisa mengudara, karena yang membuat orang Indonesia. Selanjut direncanakan tahun 2021 pesawat R80 akan terbang. #habibie80 
dok pri

1997-1998, suami dokter Hasri Ainun Besari, menjadi wakil presiden, tahun 1998 menjadi presiden ke 3 Indonesia. Tanpa wakil presiden. Dari teknokrat menjadi birokrat, sebuah potret cinta Indonesia yang tentu penuh perjuangan dan rintangan. Banyak gagasan politik yang dinilai membawa angin segar dan mencengangkan. Indonesia berhasil melalui krisis dan mulai melangkah menjadi negara demokrasi. Media bisa berbicara banyak. Peserta Pemilu menjadi 48 partai. Banyak yang menyebut beliau Bapak Demokrasi Indonesia selain Bapak Teknologi.


Selesai tugas menjadi presiden, bapak yang hobinya memotret ini tinggal di Jerman. Hingga sang istri meninggal tahun 2010.  Bentuk potret cinta dalam dimensi lain. Inspirasi seorang tokoh yang sangat mencintai istri. Sebuah kesetiaan dan pembuktian kalimat saat melamar akan menjadi suami yang terbaik. Masa lalu adalah milik pak Habibie dan masa lalu bu Ainun adalah milik ibu. Masa yang akan datang adalah milik kita berdua, kalimat romantis seorang teknokrat yang juga pujangga, menurut saya. Sepeninggal bu Ainun, pak Habibie banyak menulis untuk menghilangkan rasa sedih. 

Dalam kesempatan wawancara di sebuah televisi swasta, bapak mengatakan: "Ainun berada dalam hati saya. Dalam tarikan nafas, denyut. Bila pak Habibie merasa kedinginan, Ibu Ainun berada dalam kehangatan cinta Ilahi." Sebuah tauladan yang difilmkan dalam film Ainun Habibie.


dok pri


Dalam berbagai media saya sarikan pesan pak habibie dengan penuh cinta pada generasi Indonesia, agar konsisten, bekerja keras, bersinergi positif, berbudaya, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, cerdas yang rajin. Diantara semuanya yang paling penting adalah beriman. Pesan ayahnda Bacharuddin Jusuf  Habibie, Alwi Abdul Jalil Habibie (Makasar), jadilah mata air jernih yang memberi kehidupan bagi orang banyak.

Penasaran dengan potret cinta sang inspirator bangsa? Foto-foto dapat dilihat pada  pameran foto Habibie dan gebyar aneka lomba yang diselenggarakan berbagai komunitas yang tergabung dalam Friends Of Mandiri Museum. Pameran ini dibuka untuk umum mulai 24 Juli 2016 hingga 21 Agustus 2016 di Museum Bank Mandiri, Kota Tua - Jakarta Barat. 
Pidato Habibie saat pembuka pameran 24 Juli di Museum Mandiri
dari kiri ke kanan: MC, Pembacaan puisi oleh wartawan asal Papua, 


Jadwal acara hingga tanggal 21 Agustus 2016
Pameran foto. Saya mengambil foto ini di meja dekat jajaran foto. Ada pantulan foto di meja. 

dok pri

Jarang yang mengetahui beliau senang naik motor besar

12 comments:

  1. Replies
    1. Pantas saja sampai 3 film khusus tentang beliau. Karena banyak yang mengidolakan.

      Delete
  2. "jadilah mata air jernih yang memberi kehidupan bagi orang banyak" Keren banget Pak Habibie!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliau sumber inspirasi yang tidak habis-habisnya

      Delete
  3. dari dulu ane respect bgt sama pak habibie... wlwpun ga lama menjabat sbg presiden, tapi ilmu sama karakternya yang bikin beliau tetap dihormati

    ReplyDelete
  4. Pak habibie memang sangat berjasa pada indonesia, semoga panjang umur pak :D

    ReplyDelete
  5. cinta pak Habibie kepada Indonesia sangatlah besar, namun sayang Indonesia kurang menghargai jasa-jasa beliau, semoga kelak di Indonesia lahir lagi ornag-orang seperti beliau

    ReplyDelete
  6. B.J Habibie, Bpk Teknologi Indonesia, sangat besar jasa beliau buat bangsa ini..

    ReplyDelete