6/01/2014

BILA TB DAN HIV BERSATU

Saya sering terbalik dengan AIDS dan HIV.  Padahal HIV (Human Immuno Deficiency Virus) adalah virusnya sedangkan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala penyakit yang muncul karena turunnya sistem kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah HIV. Akibat kekebalan tubuh menurun mengakibatkan penyakit oportunistik seperti TBC (http://goo.gl/2WFRSY)
HIV adalah golongan retrovirus ditemukan dalam cairan tubuh seperti darah, cairan mani,  cairan vagina dan air susu ibu. Virus ini menyebabkan progresifitas infeksi Mycobacterium TB. Bagi penderita ODHA (Orang Dengan Aids/HIV) TB laten yang bersembunyi dalam badannya akan mudah berkembang menjadi TB aktif.

Pasien  demikian disebut ko-infeksi TB-HIV. Lebih jelasnya ada dua: TB dengan HIV positif  dan ODHA dengan TB. Kasus TB dengan HIV positif di Indonesia terjadi peningkatan tahun 2012 berjumlah 2,2% menjadi 7,5% pada tahun 2013. Epidemi AIDS dan HIV (di Indonesia ditemukan kasus sebanyak 108.600 dari tahun 2005 hingga Juni 2013, perkembangan kasuk termasuk yang tercepat di Asia)



">

No comments:

Post a Comment