5/29/2016

Trend Busana Ramadhan 1437H/ 2016



Ngeblog itu membuka wawasan dan seperti mewajibkan blogger untuk terus belajar dan melek dengan sekitar.  Dalam rangka belajar saya ikut Fun Blogging 12. Bertempat di kantor BliBli.com. Sebelumnya saya pernah ikut pada angkatan pertama.  

Usai acara ada undangan menyaksikan  fashion show  di Muslimah Fashion Festival (Muffest) di Parkir Selatan Istora Senayan tanggal 27 Mei 2016 jam 19.00. Asik bisa melihat trend Ramadhan tahun 2016.

Muslim fashion 3.0
Saat  ini tiba di era marketing 3.0, Marketing yang berorientasi human spirit dan value-driven. Produsen dan konsumen bersifat horisontal. Seiring dengan hadirnya social network.  Pemasaran produk fashion muslimpun tidak ketinggalan. Blibli.com sebagai mal online pertama dan terbesar menunjukkan keseriusannya menjadi referensi fashion wanita secara online khususnya hijaber. Dengan cara mendukung acara Muslim Fashion Festival 2016. Berlangsung dari 25-29 Mei 2016.


Booth blibli.com ada di bagian M2, yaitu booth A.001. Busana  I.K.Y.K (ai kei wai kei, I know You know by Anandia Marina Putri).  Restu Anggraini, Jenahara, dan Ria Miranda didisplay dengan cantik. Pengunjung bisa belanja online di tempat karena disediakan laptop (asumsi saya seperti itu... lupa menanyakan hal ini)



Blibli.com tahu sekali tipikal perempuan sebelum belanja senang melihat fisik yang akan dibeli. Coba saja lihat mal dan Tanah Abang dipenuhi perempuankan? Contoh saya dan suami. Ayah anak-anak lebih senang belanja secara online, karena keterbatasan waktu untuk keliling di pasar nyata. Kalau perempuan  (saya maksudnya) lebih senang meraba pakaian, melihat langsung (direct visual appeal). Melihat bentuk jahitannya, warnanya dan laiin-lain.  Kadang  warna di web dengan barangnya agak berbeda. Ukurannya juga bingung. Saya baru kepikiran kan hal-hal seperti itu bisa ditanyakan langsung ke blibli.com.

Saya datang saat ada bincang dengan Kusumo Martanto, CEO blibli.com . Alasan Bli.bli.com hadir di Muffest karena bisnis ada di  Indonesia dan yang buat orang Indonesia. kedua Market Indonesia terhadap pakaian muslim terutama muslimah sangat besar. Oleh karena itu mau mensupport  desainer. Sebagai e-commerce menyediakan perlengkapan muslim seperti perlengkapan ibadah, busana dan aksesoris pelengkap. Blibli menjamin kualitas produk, cicilan 0%, berbagai cara pembayaran, gratis biaya pengiriman seluruh Indonesia


Penyebab perancang-perancang  tersebut mau bergabung dengan blibli.com karena sudah ternama, terpercaya, terbesar, mau bekerjasama dengan komunitas, sevisi dalam hal ingin memajukan fashion muslim, sebagai strategi marketing sebab ada cicilan 0 %; lumayan untuk membagi gaji bisa belanja sebagian lagi untuk saving, memperluas bisnis, dapat menjangkau konsumen ke seluruh Indonesia (tentu juga dari luar Indonesia).


Trend Ramadhan

Khusus untuk baju muslim terbaru dalam bulan  Ramadhan tahun ini. Ria Miranda baju model kaftan, tunik, dress dan slim. Ia tergugah dari pantai dan Laut di Raja Ampat, Papua Barat. Koleksinya diberi nama Seashore. Bahannya kebanyakan dari sifon (chiffon), karena bahan itu menunjang untuk kenyaman bergerak. pada bulan suci, orang ingin bebas bergerak. Ia istiqomah dengan warna-warna pastel.

Jenahara meluncurkan tema ‘Minaret’. Jena terinspirasi dari arsitektur masjid Biru di Istabul Turki. Menyelaraskan dengan blibli.com pasarnya kebanyakan orang kantor. Tipe busana yang dipilh adalah yang bisa digunakan untuk siang hari dan malam hari apabila ada acara. Biasanya bulan Ramadhan kan buka bersama atau pengajian di kantor.  Bahan yang digunakan adalah yang jatuh, dalam bulan Ramadhan  orang ingin terlihat lebih cantik dan elegant.

Diluar dari kebiasaan warna produk Jenahara khusus untuk blibli.com, warna-warna bumi: biru, abu-abu, coklat dan putih. Warna-warna itu diterapkan pada lipatan pakaian, celana palazzo, dan outwear.


Tampilan blibli.com pada aplikasi handphone saya

I.K.Y.K mempunyai subyek berjudul Hana dari bahasa Korea artinya satu.  Bahannya katun, viscose, silk, katun linen. Bahan-bahan yang cenderung tidak panas dan sangat ringan. Nyaman digunakan dalam bulan Ramadhan.  Koleksi I.K.Y.K bisa dipadupadankan menjadi 28 gaya.

Restu Anggraini memberi label serenity, modelnya klasik diklasifikasikan sebagai busana kerja. Tipe yang dapat digunakan untuk kerja dan hangout setelah bekerja.


Baju muslim modern  dan baju muslim terbaru milik perancang tersebut ada di blibli.com. Ayo buka web atau download aplikasinya. Persiapkan Ramadhan dengan penuh kenyaman dan ketenangan. Saat bulan Ramadhan prioritas beribadah. Tidak sempat ke mal atau ke toko, tinggal duduk tenang perangkat ramadhan kita tiba.

Tema fashion show Modest With Style




Saat lomba ngeblog ditahapan menulislah sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin tanpa memikirkan menang atau kalah. Saya mendapat kabar menyenangkan dari Fun Blogging dan blibli.com, tullisan ini mendapat apresiasi , sebuah Polytron Zap 6 Posh Note. 



9 comments:

  1. Busana muslim sekarang variatif dan bagus-bagus.
    Tapi, saya tetep suka yang simpel. Yang mudah utk bergerak naik turun bis kota, dan adem dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuup Mak. Kita harus memilih busana sesuai dengan aktifitas.

      Delete
  2. Bisnis pakaian muslim makin kesini makin marak saja ya mbak. Mungkin persaingan cukup ketat di antara Para produsen. Tapi untuk kita konsumen ini sangat menyenangkan karena jadi banyak pilihan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antara produsen dan konsumen sejajar, marketing 3.0. Produsen memperhatikan kenyamanan pelanggannya. Blibli.com sekarang punya Drop Box 7-Eleven. Pemesanan berlaku satu produk. Setelah melakukan pembayaran akan dikirim Passcode untuk membuka slot Drop Box. Sevelnya sesuai permintaan konsumen. Begitu yang saya baca di blibli.com

      Delete
  3. keren, pengen deh punya busana kayak gitu : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau download pertama kali appsnya dapat diskon atau kalau untuk pertama kali sign in di web. Besarannya langsung cekidot.

      Delete
  4. wah, kalau lihat kayak gini, mataku jadi ijoo, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dong langsung capcus. Action. Beli.Beli...blibli.com. He he

      Delete
  5. Ramadan is a holy month and we muslims should respect its value. growing Muslim Entrepreneur do halal business all through the year and also in this month in a ethical way.

    ReplyDelete