6/11/2016

Datin Aidijuma Menjawab Tantangan

Setiap underestimate pada seseorang atau barang, sering kita akan mendapatkan sebaliknya. Itu kata yang tepat untuk bisnis hijab/tudung/scraf nya Datin Norjuma Habib Mohamed dengan brand Aidijuma. Sebuah brand dari Malaysia yang berpusat di Shah Alam, Selangor.  Ia hadir ikut memeriahkan Muslim Fashion Festival 2016 di Senayan. Saya hadir pada acara Meet up the Blogger AidijumaxMuffest. Tepatnya di ministage Muffest,  plaza Selatan Istora Senayan, 28 Mei 2016.

Franka, Datin Norjuma



Tahun 2012 ia memulai usaha dengan anggapan miring tentang bisnis hijab.  Penjualan Kampong begitu kata orang Melayu dan tidak bisa kaya. Dengan kekuatan hati ia memulai bisnis ini. Masa iya tidak boleh mengangkat scraf. Kasut saja bisa mendunia, mengapa  hijab tidak.


Visi Datin menjadikan produsen hijabnya, perusahaan terkemuka yang dikenal karena menciptakan dan memproduksi fast fashion apparels ( h h saya tidak tahu apa padanan yang tepat dalam bahasa Indonesia). Bergerak maju menjadi perusahaan hijab Internasional yang ada di seluruh dunia.

Lahir dengan brand Aidijuma, sepintas seperti nama laki-laki di Indonesia, padahal Aidi itu artinya idenya Juma. Datin mempunyai plan bisnis yang kuat, dari satu titik menjadi  20 titik dengan nama Concept Store. Awalnya ada di Central Market (tempat  terkenal bagi wisatawan untuk belanja oleh-oleh) Kuala Lumpur, kemudian ke Selangor,  Negeri Sembilan,  Melaka,  Johor, Johor Bahru, Perlis, Kedah, Pulau Pinang, Perak,  Kelantan, Terengganu, Pahang, Sabah, Sarawak,  hingga sekarang  juga ada di Brunei.  Kalau begitu apakah ini bisnis yang bisa dipandang sebelah mata?

Perniagaannya merambah online setelah kuat di pasar nyata. Meski ada weakness di penjualan online oleh sebab picture. Hal itu bisa diatasi oleh Aidijuma. Bisnisnya menjadi Concept Store, Mobile Store, Online Store, Gudang Store dan Venture Store. Tahun 2012 karyawannya 25 orang menjadi  208 tahun 2016. Kalau lihat iklannya di Aidijuma TVC, weh iklan Hijab menggunakan helikopter dan sederetan benda...wow. Ini bisnis serius banget.



Perlu ditiru misi Aidijuma:  
Mentalnya yang kuat,
Efisien dan efektif dalam berpikir dan bertindak,
Bersifat fleksibel seperti bawalscarf, #sehelaipelbagaigaya, begitu hastagnya,
Kreatif dan berfikir kritis dalam membuat keputusan, bagian dari kontribusi untuk perusahaan,
Bijaksana dalam menghadapi pelanggan, to make them happy,
Tabah dalam pencapaian visi perusahaan.

Datin tidak datang sendiri ada Franka Soeria disampingnya ketika Wardah Fajri mengenalkan founder kerundung Aidijuma. Franka adalah fashion consultant di Turki. Ia dibalik Istanbul  modest Fashion Week, 13-14 Mei 2016, Acara itu dimotori modanisa.com.  Ada kedekatan khusus antara Datin dan Franka. Produk Datin ada di Modanisa.com. Franka menggandeng Datin kedalam MUFFEST yang diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Hijabers Mon Community bekerja sama dengan pemerintah serta stakeholder.  Nasihat Franka yang saya ingat adalah jangan inferior. Saya sempat melihat di Youtube, bagaimana perjuangannya untuk menjadi sosok muslimah yang tangguh di Turki.


Bagaimana Rasanya menggunakan Kerudung Aidijuma

Selain di Muffest saya menemukan produk Aidijuma ada di deretan busana bersama perancang lain di fashion Atrium  Mal  Kasablanka dalam rangka Ramadhan. 11 Juni 2016. Rasanya suprais, niat hadir dalam acara Garda Oto Holiday Freestival. Bersebelahan acara ada tudung Datin Aidijuma. Pas saya pakai jilbab tersebut. Saya bisa tanya-tanya sebelum acara dimulai.

Ada berbagai label di kerudung Aidijuma, black label, blue label, green label, dan white label. Itu menunjukkan kisaran harganya. Saya kira karena harga dalam Ringgit akan mahal dikonversi. Ada lho yang harganya Rp 40.000. Saya dilihatkan produk hari Raye.Untuk segmen pengguna di Malaysia, kata karyawan Aidijuma, tudung digunakan tidak terbatas untuk anak remaja, cocok untuk orang berumur 40 tahunan juga. Saya dilihatkan juga produk yang cocok untuk pergi ke pesta. Selain di print di sampingnya ada emas-emasnya, apa ya istilahnya ia menyebut studded.- decorated or augmented with studs."a studded leather belt" (saya mengutip di google)

Selain produk bawal, aidijuma juga mengeluarkan Head berupa blossom scarf, blossom shawl. Top blouse, cardigan, jaket. Bottom, Dress, sepatu.






Dari rumah saya ingin coba bagaimana rasanya pakai tudung ini. Puasa, hari sedang panas, pas banget untuk merasakan kain katunnya. Apa yang terjadi? Saya pakai helm diantar suami saya ke stasiun UI, pas di gerbang belakang UI, harus muter. Agar cepat saya berganti ojek. Hup. Bagaimana jilbab saya? Pas di komuter, saya selfi, agar tidak terlihat orang lain saya melihat ke atas. Lumayan jilbab saya tidak berantakan dan yang penting tidak gerah. Saya hanya menggunakan tiga bros kecil. Saya terinpirasi dengan demo Jilbab yang dilakukan Datin  di acara Muffest. Ohya Ia yang cantik dan ramah  mengatakan warna-warna aman atau warna selamat adalah cokelat, hitam dan putih.

Kembali dengan jilbab saya Awalnya tidak pede dengan corak di jilbab berupa burung hantu, kayaknya ini jilbab stylenya remaja. Apa boleh buat  buru-buru baju yang dikenakan ada nuansa hijau dan motif daun, saya kira cocok saja dengan jilbab. Bukannya burung hantu ada di pohon. H h maksa.  Pas pulang acara saya naik gojek, ada manfaatnya motif binatang nocturnal ini. Janjianya, saya yang mengenakan jilbab motif burhan.
Menggunakan bawal #whitelabel Comel Burung Hantu prize RM 10..00. 

Begitulah akhirnya saya pede dengan motif jilbab saya. Walau tidak berani memakainya dihadapan tante yang di Kalimantan. Ia lebih setuju dengan bunga.Seperti bunga-bunga kesuksesan yang dinikmati Datinkah? 

Blogger dengan jilbab Datin Aidijuma




8 comments:

  1. saya suke... saya suke
    jadi motifnya ikan bawal gitu ya?

    ReplyDelete
  2. Bagus bagus ya motifnya mba *mupeng* ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan cita-cita Datin membuka cabangnya di Indonesia terlaksana.

      Delete
  3. Saya suka dengan misinya ^^ inspire banget.. Dan motifnya itu loh lucuu, maaau!
    Siapa tau next mereka mau buka cabang di sini yaa ^^

    ReplyDelete
  4. keren banget Datin dan brand Aidijuma-nya ya mba Tri.. suka juga sama scarfnya yang multifungsi..

    ReplyDelete