4/20/2014

Obat Anti Tuberkulosis (OAT) GRATIS

Oat di sini tidak ada hubungannya dengan sereal. OAT adalah kepanjangan Obat Anti Tuberkulosis.  Biasanya bila terdengar gratis kebanyakan orang akan segera menyerbu.  Kalau yang satu ini mungkin  banyak  menghindar.
Ya... tidak ada yang ingin sakit. Cuma perilaku kadang tidak sesuai dengan ketidakinginan itu. Nah kalau sudah sakit. Sayang sekali ada kesempatan emas ini tidak dipergunakan. Uang untuk memberi obat bisa dipergunakan  untuk yang lain dan tidak perlu malu mengakui bahwa diri terinfeksi bakteri ini. Malu tidak sembuh.
Seperti tulisan pertama ciri-ciri terinfeksi Mycobacterium Tuberculosis:

  1. Batuk berdahak lebih dari dua minggu
  2. Berat badan yang turun dratis. Lain halnya kalau sedang diet. Memang turun badan itu lebih bertahap tetapi jangan juga gara-gara penyakit ini.
  3. Demam
  4.  Sakit pada bagian dada

Kalau sudah mengetahui gejala seperti ini. Ayo ke Puskemas atau Rumah Sakit Pemerintah. Setelah diperiksa dan dinyatakan positif. Obat yang diberikan berupa  tablet kombinasi atau paket fix  dose combination (FDC).  Obat itu berisi:

  1.         Obat INH
  2.          Rifampisin
  3.          Pirazinamid
  4.     .   Entambutol

Minum obat harus rutin tiap hari tidak boleh terlewat. Selama 6 bulan. Kalau tidak konsisten mengakibatkan resisten terhadap obat. Wuih gawat. Cari obat pengganti.
Kabar gembira sejak tahun 2011 sudah ada alat baru untuk mendiagnosa tuberkulosis. Namanya adalah The Xpert MTB/RIF ASSAY.  Suatu terobosan yang revolusioner sebagai alat test  Mycobacterium tuberculosis kompleks (MTBC) sekaligus resistensi terhadap rifampisin dan INH hanya dalam dua jam. Sebagai perbandingan alat yang lama perlu waktu antara 2 hingga 6 minggu dan 3 minggu untuk mengetahui penderita resisten atau tidak terhadap obat. Dengan alat ini pasien dengan cepat tertangani. Alat uji ini didukung dengan uji klinis, radiografi dan temuan laboratorium yang lain.

Obat-obat tersebut diatas ada efek sampingnya. Seperti tabel berikut:

Sumber: http://healthcare-pharmacist.blogspot.com/2011/10/masalah-terapi-obat-anti-tuberkulosis.html
Penanganan terhadap efek samping harus dikonsultasikan ke dokter. Tabel tersebut hanya gambaran saja.

Sebagai penutup...  ingat! Penderita yang sudah dinyatakan TB Basil Tahan Asam akan menularkan kepada 10 hingga 15 orang dalam setahunnya. Jadi segeralah berobat. Untuk kesehatan diri sendiri dan masyarakat. 


Sumber tulisan:

http://blog.tbindonesia.or.id/
http://www.cdc.gov/tb/publications/factsheets/testing/Xpert_MTB-RIF.htm


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba http://blog.tbindonesia.or.id/



2 comments:

  1. Semoga dengan semakin banyak informasi mengenai TB, terutama obat gratis ini, semua penderita TB di mana pun mereka berada bisa diobati sampai sembuh...

    ReplyDelete