2/01/2020

Sabar Syukur Ikhlas a.k.a WI/ V V I

Pernah ingin mengubah tag line blog Sabar, Syukur, Ikhlas menjadi Sukses, Sukses, Sukses. Tidak jadi, karena SSI menemani dalam setiap ujian dan peringatan Allah. Tadinya saya berpikir Ikhlas itu adalah apabila kita diuji atau mendapat peringatan harus ikhlas. Oh ternyata maknanya beda dengan persepsi saya selama ini. Setelah mendengar banyak ceramah. Kalau itu ridho. Jadi apapun yang terjadi didiri harus ridho baik karena ujian atau peringatan Allah. 

Ikhlas itu adalah apabila kita beribadah hanya diniatkan karena Allah. Misalnya Sholat karena Allah. Mengerjakan pekerjaan rumah karena Allah. Semua aspek kehidupan karena Allah. Saya pikir menjaga hati dan perbuatan untuk selalu sejalan dengan-Nya. Ingin melakukan sesuatu bila berlandaskan ibadah ada saja jalan. Kalau salah ada saja yang mengingatkan. 

Sabar, tadinya saya kira bila menerima musibah, peringatan atau ujian dari Allah saja. Rupanya Sabar termasuk ketika mempunyai kelebihan baik rejeki, waktu, kesehatan atau apapun. Ya, sabar untuk tidak menggunakan kelebihan membuat ingkar pada Allah. Misalnya punya internet malah main game sepanjang waktu. H h mak emak mana pernah kepikiran main game. 

Syukur. Amatlah sulit bersyukur pada saat kita kekurangan. Tetapi apabila ridho lama kelamaan menjadi mudah. Always selalu (☺) bersyukur sepanjang hari, membuat pikiran menjadi tenang. Pekerjaan menjadi lancar karena mendapatkan ide. Badan bugar karena tidak dibebani keluhan jiwa. 

Apa hubungannya dengan WI atau VVI seperti judul di atas. Saya tu tidak sengaja membuat tag line Sabar, Syukur, dan Ikhlas waktu membuat blog. Setelah punya blog ini hampir tujuh tahun, baru ngeh dengan ilmu gatukulogi Sabar, Syukur, Ikhlas disingkat SSI kalau di-alaikan 551, huruf romawi VVI kalau disambung jadi WI, itu nama panggilan saya sedari kecil di rumah. Bahkan di cincin kawin mas bojo tertulis Wiwi. 

Saya merasa Allah melekatkan nama panggilan saya di blog. Kebetulankah? Wallahu 'alam. Salam Semangat!


No comments:

Post a Comment