8/21/2014

Stimulasi Anak dengan StimuLearn

Lihat video berikut tentang seekor induk elang.  Memang ia ditakdirkan menjadi pemberani membuat sarang di puncak bebatuan gunung. Naluri untuk melindungi sang bayi agar tidak mudah dijangkau oleh pemangsa. Sekaligus sangat percaya pada Allah menjaga sang bayi walau belum mempunyai sayap kuat. Tidak takut terjatuh. Terbayang pluk setinggi itu Tentu ada pertentangan yang hebat ketika ia harus mendorong anaknya agar bisa terbang.





Kita tentu saja bukan ibu  elang yang harus membangun sarang di tebing agar buah hati terlindungi, menjadi kuat dan mampu terbang. Kita orang tua yang hidup dizaman bertabur kemudahan untuk menstimulan anak. Dancow Parenting Center salah satu 'lembaga' yang konsen terhadap tumbuh kembang anak. 'Produk' terbarunya adalah aplikasi StimuLearn. 



Program yang dirancang untuk membantu orang tua menstimulasi anak baik secara online dalam bentuk aplikasi maupun offline dengan kegiatan nyata. Secara sengaja/tidak sengaja mengintegrasikan lima kemampuan/ketrampilan kognitif utama, yaitu memori, atensi (daya fokus,perhatian), ketrampilan psikomotor, pemecahan masalah dan bahasa. 

Lewat Kumpulan Emak Blogger, saya mengetahui program ini. Aplikasi tersedia secara gratis di AppsStore. Berikut langkah-langkah install aplikasi:

Data dari Dancow
Bila sudah berbahasa Indonesia langkah 1 hingga 4 tidak perlu dilakukan. Langkah selanjutnya mengisi data. 

Games yang tersedia ada lima, dan di install satu persatu. Permainan tersebut adalah

1. Island Market/ Magic Market, sebuah game sederhana untuk berhitung dan menamai. Anak saya, Lazuardi kelas TK besar mencoba game ini. Walau  belum bisa pengurangan ia fun saja. tetap main. Tidak berapa lama lagi mudah-mudahan terdorong untuk mengetahui cara pengurangan plus terstimulan belajar menulis. Pada game ketika berhasil menyelesaikan satu level ada tips kegiatan 'nyata' - menulis daftar belanja.

Karena aplikasi ini  gambar uang bukan rupiah. sarana mengenalkan mata uang yang lain pada anak. Dalam dunia nyata ketika  'jajan' ia mengenal uang rupiah. 
Untuk adik yang masih belajar mengenal kosa kata juga bagus ketika menyentuh nama buah/makanan ada narasi yang mengiringi. Selain itu pembelajaran bahasa, daya ingat, atensi dan kemampuan memecahkan masalah. 




2. Forgotten Castle/ Kastil yang hilang
Permainan mix and match ini melatih anak untuk fokus dan merangsang daya ingatnya. Kelak  terlatih mengingat pelajaran dan mengkaitkan setiap pelajaran sehingga menjadi pengetahuan yang utuh. 
Di sekolah, kadang kakak pengajar selain menggunakan buku penghubung untuk berkomunikasi dengan saya juga menyampaikan pesan lewat Lazua. 

Di Parenting Class ada  ide untuk mengajak si kecil menyiapkan bekal saat akan piknik lalu minta ia mengingat dengan baik. Selanjutnya ketika pulang 'test' ia menyebutkan barang yang dibawa seraya mengeluarkan barang yang disebutkan.

3. Pearl Beach
Bermain dalam labirin ajaib menangkap mutiara. Sealiran dengan Pac-Man (game pakkuman yang rilis pertama kali tahun 1980 di Jepang ).Bungsu saya seru sekali main ini. Ia membalik-balikan Ipod. Berbeda sekali dengan Ummnya memainkan dengan pencet kursor kiri kanan. Kemampuan yang berkembang adalah psikomotorik.

4. Mr Skylab
Berupa puzzle sederhana, sebuah tonik untuk memperkuat pengenalan anak akan bentuk, gambar plus cara memecahkan masalah. Hmm terbayang sinaps yang terbentuk di otaknya ketika berhasil menyelesaikan 'tugas'.

5. Story House/ Rumah Cerita
Ada 3 cerita dalam stimulan ini, Kelinci dan Kura-kura, Singa dan Tikus, Angin dan Matahari. Sayangnya ketika men-klik tidak ada kelanjutannya, langsung hilang alias tidak bisa dimainkan. Saya tidak tahu apakah piranti yang tidak mendukung sehingga tidak bisa 'jalan'. Dari aplikasi motherhood yang saya install, stimulearn ini bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan atensi. Bila berhasil menjalankan game ini pendamping bisa merekam suara atau membaca langsung.

Setelah memainkan beberapa game dan memperoleh skor, stimulearn ini berhasil dilakukan, mata Lazua berbinar akhirnya bisa mencoba. 

Dengan tajuk Learning Better Together diharapkan para orang tua khususnya ibu adalah partner belajar yang menyenangkan selain medianya itu sendiri. Stimulearn  Island dikembangkan para ahli Nestle dan didukung oleh Ages and Stages Questionnaire_spesialis perkembangan anak.

Bila ingin mendapat badge harus main melalui akun yang sudah dibuat. Untuk beralih permainan harus mengisi surel dan password, agak ribet memang.  Begitu pula apabila aplikasi tertutup. Itu awal 'play' game, lama kelamaan walau tertutup tidak perlu lagi mengisi surel. 

Secara keseluruhan stimulearn memenuhi syarat game yang baik untuk anak, ada interaksi antara anak dan orang tua, permainan tidak mengandung unsur kekerasan, tidak menyinggung sara, sangat mendukung tumbuh kembang anak, menstimulan kognitif anak, dan yang penting berkesinambungan dengan kegiatan 'nyata'. Anak tidak semata di depan piranti.

Joke, sepertinya induk elang sekarang mau mencoba StimuLearn  supaya tidak ketar ketir mendorong anak agar bisa terbang.



Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog StimuLearn Aplikasi kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan DANCOW Parenting Center






keb

4 comments:

  1. programnya memang lengkap yaaaa...saya penasaran sebenenrnya, tapi entah kenapa di sini program ini tidak masuk di app store...tapi bahasannya lengkap..and nice intro! Induk elang memang jagoan :)..sukses ya mak..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mak. Sudah dipindah ke bahasa Indonesia Mak (h h sok tahu). Mak Indah itu anak elang yang terbang kemana-mana bikin pengeen...

    ReplyDelete