2/15/2015

GO-JEK: SARANA ANGKUTAN SERBAGUNA

GO-JEK? Mmm, apa ya? Sepintas saya pernah membaca kata itu disosmed dan melihat di jalanan pengendara motor menggunakan helm GO-JEK. Pertanyaan itu terjawab ketika saya menghadiri acara peluncuran aplikasi mobile GO-JEK. Bertempat di TheTwenty8 bilangan Senopati (jl Tulodong no 28) Jakarta Selatan, 10 Februari 2015. 

GO-JEK adalah social entrepreneurship inovatif yang bertujuan mendorong sektor transportasi informal, ojek, agar mampu beroperasi secara profesional, 

Layanan yang disediakan oleh GO-JEK, yang mempunyai tagline an ojek for every need adalah: 


Layanan Instant Courier. Cara menggunakan layanan ini, konsumen mengisi lokasi pengambilan paket dan tujuan pengiriman. Ada kontak tambahan jika pemilik akun apps bukan pengirim atau penerima paket. Selain itu mengisi waktu dan informasi mengenai isi paket. GO-JEK menyediakan layanan real-time untuk melacak posisi paket.  

Layanan Transport. Data yang harus diisi adalah lokasi penjemputan, tempat yang ingin dituju, dan waktu penjemputan. Sebaiknya beberapa jam sebelumnya. Sayangnya layanan ini belum menjangkau konsumen di bawah umur. Misalnya SD. Layanan ini boleh digunakan bukan pemilik akun apps. Pembayarannya bisa ditransfer atau cash. Setiap menggunakan jasa ini dikenakan minimal Rp 25,000. Setiap 1 Km dikenakan biaya Rp 5.000

Layanan Shopping. Bila tidak mempunyai waktu belanja, tepat sekali memilih layanan ini. Malah kalau mau konsumen ditalangi biaya belanja hingga Rp 1.000.000. Form yang harus diisi adalah lokasi belanja, jenis barang yang dibeli, perkiraan belanja, lokasi pengiriman belanja, dan waktu pengiriman. Contoh layanan ini, membeli tiket film/konser, makanan di restoran, belanja keperluan sehari-hari. 

Layanan Corporate. Sekarang GO-JEK telah melayani 100 perusahaan. Keuntungan bagi perusahaan menghemat overhead cost karena dapat memesan beberapa pengemudi sekaligus tanpa harus memiliki staf kurir sendiri. Pengemudi bisa dipilih oleh perusahaan. Pembayarannya dapat dilakukan bulanan. Transparansi terjaga. 

GO-JEK didukung oleh 1000 armada di seluruh Jabodetabek. Khusus di daerah bisnis, perumahan, dan kini mulai menjangkau konsumen daerah pinggiran. Jadi bila membutuhkan ojek dan jasa yang lain seperti yang disebutkan di atas, mengapa tidak memilih GO-JEK. Penyedia jasa ini cepat, mudah, serbaguna.



Ketika hadir di acara peluncuran aplikasi mobile  (bisa didownload pada Android dan Apple), saya langsung mencoba mendownload. Tidak memakan waktu yang lama smartphone saya sudah terintegerasi dengan aplikasi GO-JEK. Aplikasinya download di www.go-jek.com/app. Nomor telepon yang dapat dihubungi 0217251110. Bertempat di Jalan Ciasem no 36 Jakarta12180. Twitter @gojekindonesia.

Prestasi yang sudah diperoleh perusahaan dibawah CEO  Nadiem Makarim (founder GO-JEK) ini adalah Duta Nasional Mutiara Bangsa BerHasanah 2014 kategori Transportasi oleh BNI Syariah. Narasumber Paling Inspiratif oleh MNC Business. Kategori agent of change bidang Pemberdayaan oleh Dompet Dhuafa. Pemenang pertama kategori Non-Tech oleh GEPI.


7 comments:

  1. Sukaaaa pakai Gojek tapi tadi siang mengecewakan... 30 menit nunggu ga dateng-dateng :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pelayanan Go-jek ke depan tambah baik. Lainkali telpon Tante, siap mengantar. H h.

      Delete
    2. Prepare saja waktunya. Lebih dimajukan waktu berangkatnya.

      Delete
    3. Padahal di mapnya ojeknya udah deket tapi gatau deh ngapain dulu jadi lama T.T
      Wahahaha lebih lama lagi nunggu dari Depok =))

      Delete