7/03/2015

MENYIMPAN REKAM MEDIS DI APLIKASI MEDICTRUST

Tanggal 2 Juni 2015 saya yang kedua kali ke MidTown Tulodong Atas daerah SCBD. Acara kali ini adalah Blogger Gathering MedicTrust. Sebelum berangkat saya bertanya-tanya dalam pikiran. Medictrust itu apa? Sekilas saya baca MedicTrust adalah sebuah platform yang berfungsi untuk menyimpan rekam medis. 

Saya berurusan dengan rekam medis sejak kecil. Sudah berpuluh tahun tentu. Setiap rumah sakit mempunyai data tentang penyakit pasien, obat dan tindakan yang dilakukan.  Sayangnya baru-baru  ini saja ada aplikasi di gadget/web yang mengumpulkan riwayat penyakit,  tepatnya aplikasi yang punya Indonesia. Coba sejak dahulu ada, h h suatu hal yang tidak mungkin sebab teknologinya belum ada.


Saya termasuk orang yang tidak tahu betapa pentingnya  rekam medis itu disimpan. Padahal pernah mengalami hal yang tidak enak ketika harus pindah klinik bersalin. Saya pindah rumah otomatis  klinik bersalin langganan  jauh. Sementara kondisi kehamilan saya tidak memungkinkan untuk menempuh jarak jauh. Saya tidak bisa meminta riwayat kehamilan alasannya milik klinik tersebut. Kata Khaterina Tjin, entwickler MedicTrust seharusnya klinik memberikan data karena  hak pasien. Sebelum acara dimulai saya sempat berbincang.






Katherina adalah penggagas MedicTrust. Latar belakangnya adalah ia mempunyai kendala membawa berkas rekam medis saat membawa ayahnya berobat ke luar negeri.




3 comments:

  1. Punya rekam medis wajib sih yaa, supaya pengobatannya ga tumpang tindih

    ReplyDelete
  2. Oalah, aku selama ini pasrah aja rekam medis disimpan pihak rumah sakit. Ternyata penting untuk disimpan sendiri juga ya

    ReplyDelete
  3. saya biasa menulis dibuku, setiap ke dokter, jadi buku itu menjadi rekam medis sendiri

    ReplyDelete