9/24/2012

Modal Menulis

    Malesi, ini kata milik Adam, anak penulis Asma Nadia, artinya kalau tak salah,  seseorang bikin malas orang lain atau iih bikin males aja, atau malas lihat mukanya. Deee ini mah terjemahan bebas dari saya. Entahlah sudah benar belum penempatan dalam kata. Berharap ada yang membenarkan. 
     Pagi ini kalau orang lihat aku pasti berkata malesi. Lha wong sudah dapat suntikan ilmu dan semangat kok masih saja tak berlari dalam menulis. Plak. wajah malesi ini tertampar. Pagi-pagi peluk Lazua yang masih memeluk mimpi, akhirnya ikutan bablas. Yaa kalau tak mau dikatakan orang malesi, ayo menularkan semangat dan mulai mengatakan pada diri bahwa menulis itu harus bukan hobi.
     Saya dapat kata malesi dari Ibu Adam hari Saptu dan Ahad kemaren,  penulis pemula ini mengikuti workshop menulis di Margoda, Depok. Penulis handal tersebut banyak menularkan tip trik menulis dan semangat menulis. Berikut ini modal menulis:
  1. Niat yang teguh
  2. Latihan disiplin
  3. Siapkan alat untuk mencatat, notes, Word di HP, dan lain-lain
  4. Catat tiap ide
  5. lengkapi referensi
  6. Target
  7. Action
  8. Berkumpul dengan komunitas menulis
  9. Hadiri acara launching buku
  10. Beli buku best seller, buku peraih nobel, pelajari buku mereka.
     Tentu saja ini hanya sebagian kecil ilmu yang dibagikan penulis cantik itu. So, ikut workshop baik online atau didarat itu penting untuk membuka wawasan atau kalau tak mau ikut workshop banyak artikel belajar menulis di internet.

2 comments: