10/18/2012

GENDERANG PLN BERBENAH BENDERANG PEMBANGUNAN



Bibi mati lampu


Ini bukan PLN  yang suka mati lampu, ini cerita seorang bibi yang suka mematikan lampu secara refleks. Namun sering dapat protes sang suami karena sering tanpa melihat orang ada di kamar mandi atau tidak. Konyol. Untung saja sekarang kebiasaan itu sudah berkurang lihat-lihat dulu. Kebiasaan ini terbawa ketika tinggal di Kalimantan.  Mengalami kesulitan tanpa lampu. Saat kecil nonton TV pakai strum Accu Lampu hanya malam bila nyala. Periode lampu byar pet. Habis bayar petang lampu mati. Bahkan dengar-dengar sekarang masih saja mati lampu.
Pikiran bibi yang terbatas mengapa semua itu terjadi? Timbul harapan-harapan untuk pemegang tunggal penyedia listrik.


Distribusi

Keadilan milik seluruh bangsa. Seluruh rakyat. Bila belum merata. Perlu tanda tanya untuk pembuat kebijakan. Contoh Kalimantan Selatan beberapa hari lalu orang-orang disana menuntut agar nyala stabil. Mereka sampai patungan mengumpulkan uang receh dengan gerakan 1000 ton untuk membeli alat pembangkit listrik. Masuk akal kalau mati lampu mendadak bisa alat-alat elektronik cepat rusak. Padahal semua rumah tangga mempunyai ini. Belum lagi daerah ini rawan kebakaran karena banyak rumah kayu. Tak sedikit rumah terbakat karena lilin yang jatuh. Tentu industri yang menggunakan jasa listrik juga terganggu.


Elektrifikasi

Suatu wilayah protes karena sering padam. Sementara wilayah lain merasakan benderangnya pembangunan saja baru setingkat mimpi. Perlu dihargai usaha PLN untuk meluaskan titik penikmat listrik. Misalnya daerah NTT, desa Karuni 10 KM dari Bandara Tambulaka.
SEHEN di desa Pota Wangka NTT
Ada lampu LED di kepala ketika membaca suatu tulisan tentang SEHEN, Super ekstra hemat Energi, tulisan pak Dahlan Iskan; Lampu Sehen, memiliki pembangkit listrik sendiri berupa panel surya, Mengurangai resiko pemadaman lampu karena trafo meledak, kabel penyulang mengalami gangguan, tiang listrik rubuh, tidak ada pencurian listrik, serta kesalahan pembaca meter plus tagihan tidak benar. Penduduk tersebut mendapatkan 3 buah bohlam  berukuran 220 lumen satuannya bukan watt.
Program seperti ini perlu  digalakkan karena Indonesia terdiri pulau-pulau mengurangi memakan bahan bakar fosil. Kalau diperkotaan barangkali cocok dengan program lisrik pintar, pelanggan bisa mengatur sesuai keadaan ekonominya.
Namun yang disedihkan, mudah-mudahan sekarang sudah tak ada, ada listrik di rumah seseorang di cabut karena ia mengambil listrik.   Keadaan ekonominya saat itu tidak memungkinkan pasang listrik. Tahun 2012 ini masih saja penikmat listrik di atas 6600 watt, disubsidi. Semoga bisa dialihkan pada rumah-rumah gelap agar mereka tidak mengambil karena memang daya belinya tidak ada.

TDL

Rencana PLN untuk menaikkan TDL 15% tahun 2013 perlu dikomunikasikan dengan baik.  Agar tak salah paham 15% itu besarnya seberapa? Kalau misalnya biasa membayar 200.000 ribu karena direncanakan 1 bulan naik sekitar  1 persen kenaikan hanya 2000. Ini perlu di- blow up agar sektor ekonomi tidak menaikkan harga karena alasan ini, karena efeknya ke masyarakat.
Bahan bakar coal water mixture (CWM) yang menggunakan batu bara peringkat rendah, bisa dijadikan alternatif.  Industri di Indonesia membutuhkan minyak bakar mencapai 2,45 juta kiloliter/tahun, bila beralih ke CWM, maka menghemat Rp 1,225 triliun/tahun. Sosialisaikan dengan gencar.
Namun alasan naik karena subsidi dikurangi, rasanya tidak fair. Sebab yang menanggung masyarakat. Tetapi berita ini kok simpang siur ya konon subsidi energi bertambah Rp 65 triliun menjadi Rp 80,937 triliun. Nah lho. Jadi perlukah TDL naik?


Transparansi

Belanja pengadaan listrik negara ini besar sekali. Peluang untuk ditilep besar. Konon 10 Milyar lebih terjadi di PLN. Rasanya keinginan menjadi PLN BERSIH itu bukan mimpi yang tak bisa diwujudkan. Bisa kok! Nyalakan lampu ruang tamu pada malam hari lalu buka gorden orang lain akan melihat semua aktifitas. Masalahnya berani tidak mengajak  orang-orang tak mau bersih. Negara ini sudah berjuang, masyarakatnya juga berjuang, semoga perjuangan itu ada hasilnya. Setiap hari secara stimulan menambah kadar perjuangan itu.
Selamat berjuang PLN,Good Corporate Governance dan bebas korupsi bisa tercapai.





Sumber:

No comments:

Post a Comment