1/21/2013

Galantine dan Lapis Legit


Ini kali pertama menjadi reviewer makanan. Menyenangkan?  Utama karena gratis. Bukan itu  tetapi karena  menjadi tester dari Sedapur.com memberi  jalan bagi UKM. Gagasan Tim Sedapur untuk menjembatani mereka dengan para konsumer perlu diacungi jempol.

Apalagi kalau UKM itu berangkat dari para Ibu yang mengolah makanannya cukup dari rumah. Tentu saja kualitas tak  dilakukan dari rumah. Syukur-syukur kemudian berkembang menjadi lebih besar mempunyai ruang untuk display makanan sehingga konsumen  datang langsung (resto). Berapa persen roda ekonomi  meningkat bila perempuan ikut memutarnya? Luar biasa menurutku, tentu saja bila harus memilih dari rumah tak masalah. Sekarang zaman tak mempermasalahkan tempat dimanapun orang bisa mencari nafkah dan berkreasi. Utama fokus.

Konsep  delivery way yang diusung cukup memudahkan para penikmat masakan. Cukup cekidot ke website pilih makanan yang kita mau angkat telpon atau email. Tunggu masakan tiba. Kruyuk ayam yang dalam perut mendengar masakan.

Nah setelah mengikuti tasting box edisi #3 (lihat tulisan Mysterious and Delicious Tasting Box Sedapur edisi #3 saya mendapat kiriman makanan dari Sedapur.com. Sebelumnya anak-anak sudah beritahu kami akan mendapatkan makanan. Anak-anak sangat antusias. Benar ketika pak pengantar datang. Mereka buru-buru ingin membuka kotak yang terkemas rapi tersebut.  Ada dua makanan yang kami peroleh.


Galantine atau gelatin (Chiq's) dan lapis legit (Maxwell's Bakery)


Makanan pertama

Bentuk/tampilan

Wujud makanan kadang menggugah selera. Apalagi anak-anak yang sering menggunakan mata sebagai pertanda enak atau tidak suatu makanan. Mereka kadang belum pandai meletakkan rasa itu adanya di lidah. Namun makanan yang dikirim untuk kami tampilan tidak menipu. Highly pleasing to the senses

Nama makanannya galantine. Sungguh aku tak tahu nama makanan tersebut aku tahunya bistik tetapi kok penampilannya seperti rolade, untung saja Paula Tevelt dari Tim Sedapur  mengirim email menceritakan jenis makanan ini. Wah malu pembendaharaan makananku kurang. Kalau disuruh googling aku juga bingung.




Pada kemasan tersebut ada sayuran wortel dan kentang yang dibentuk menyerupai kroket kubus dan saus creamy. Masakan ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah (pantas saja kalau kondangan yang diundang orang sono kadang ada masakan jenis ini). Kalau dirunut asalnya dari Prancis yang dimodifikasi dengan lidah Indonesia khusus daerah Jawa.

Cita Rasa makanan

Rasanya cenderung manis dan gurih. Kuahnya benar-benar deh. Kata anak-anakku. “Eenaaak.” Mereka ini orang jujur kalau masalah makanan (mudah-mudahan yang lainnya juga). Termasuk masakanku apabila tidak enak mereka bilang, “tidaaak.”

Merchant yang menyediakan makanan

Kami berkesempatan icip-icip Chiq’s, nama diambil dari keponakan pemilik toko, Chiquitita. Biasa menyediakan masakan Jawa Timur dan Jawa Tengah.


foto dari  Sedapur.com


Aroma

Bagian yang tak kalah penting adalah aroma masakan. Galantine yang terhidang dihadapan kami walau tidak kami hangatkan kembali tetap menggelitik hidung dan menyampaikan pesan ke saraf serotonin (nafsu makan) untuk segera menyantap.

Halal

Yang paling penting bagi penjual produk makanan di Indonesia adalah halal. Hal tersebut adalah harga mati yang tak bisa ditawar kecuali hanya menjual untuk kalangan tertentu. Alhamdulillah Chiq’s halal.

Makanan kedua

Makanan kedua adalah lapis Choco Mocca. Penampilannya seperti lapis Surabaya. Namun sebenarnya Kue lapis Legit, aku bukan ahli perkue-an sehingga tidak bisa membedakan,  Ternyata bedanya yang satu hanya 3 lapis sedang yang satu ratusan. Dari tekstur kue terlihat kelezatannya. Benar, pas mampir di lidah langsung lenyap dalam tenggorokan. 3 susun yang terdiri lapis original, lapis cokelat, dan lapis mocca  menjadi rebutan bocah-bocahku. Aku berharap kue  ini halal. Bismillah.

Kue Lapis Legit Maxwell's Bakery dari Sedapur.com. dok pri
 


Penasaran? Kue lapis ini dari Maxwell’s Bakery. Home industry kuliner, milik dua sahabat peminat pastry dan cake baking. Keduanya memperluas ilmu teknik baking di California Culinary Academy dan Culinary Instittute of America. 

Berita baiknya mereka selalu membuat kue yang disediakan  fresh dan tanpa bahan pengawet.


Yuk Pesan!

Masalah harga relatif. Dengan pilihan yang ada kita bisa menyesuaikan dengan kantong kita masing-masing. Lagi pula Sedapur sering memberi diskon  (program promo). Tak perlu khawatir, berdasarkan makanan yang kami coba, jempol untuk rasa dan penampilannya. Istimewanya Sedapur memberi keterangan bahan, keistimewaan, keterangan isi, Kadaluarsa, berat kemasan, ukuran kemasan (calon pembeli dapat mengira-ngira seberapa besar pesanannya), Waktu pesan (dua hari sebelum pengiriman untuk Galantine, berlatih untuk merencanakan makanan, tetapi  ada juga mak-mak yang biasa mempersiapkan menu dalam seminggu kedepan) dan pesan minimum. 

Untuk makanan lain, coba blogwalking. Banyak kok para blogger yang sudah mencoba.

Selamat memilih makanan.

Sukses Sedapur dan Trims untuk Paula


No comments:

Post a Comment