1/09/2013

PEKAN SARAPAN NASIONAL (PESAN)

Jakarta 8 Januari 2013 bertempat di Gedung Krida Bakti Sekretariat Negara, empat organisasi gizi dan Pangan   mendeklarasikan Pekan Sarapan Nasional atau yang disingkat PESAN setiap tanggal 14-20 Februari.  

PESAN dideklarasikan  oleh ketua Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN)    Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) DR. Minarto, MPS, Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) Dr. Rachmi Untoro, MPH dan Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Prof. DR. Dr. Abdul Razak Thaha Msc. Sp. Gk. Didukung gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) ketuanya adalah Ir Adhi Siswaja Lukman  dan di saksikan oleh Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia Dr. H.R Agung Laksono yang turut dalam penandatanganan deklarasi.





Gagasan PESAN berdasarkan berbagai kajian yang menunjukkan 16,9 - 59% anak usia sekolah dan remaja serta 31,2% orang dewasa di Indonesia tidak biasa sarapan. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 diketahui bahwa 44,6% anak usia sekolah mengonsumsi sarapan berkualitas rendah atau tidak menerapkan perilaku sarapan sehat. Hal ini berdampak buruk pada kemampuan berpikir, kemampuan fisik, status gizi dan kesehatan masyarakat Indonesia (Naskah Akademik Pekan Sarapan Nasional, 2012).


dari kiri ke kanan
Jose Oscar Yu - Country Business Manager Nestlé Breakfast Cereal, Nestle Indonesia
DR. Minarto, MPS - Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah 
MS,  Dr. dr. H. Slamet Riyadi Yuwono, DTM&H, MARS, M.KES,  -Dr. H.R Agung Laksono - Dr. dr. Carmen Siagian
 Dr. RachmiUntoro, MPH - Prof. DR. Dr. Abdul Razak Thaha, MSc.Sp.GK - Ir. Adhi S. Lukman - 


PESAN menjadi momentum berkala setiap tahun dengan tujuan utama memberikan informasi, mengajak dan mendorong masyarakat agar menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang setiap hari dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.


Tulisan pertama






2 comments:

  1. Replies
    1. Manfaat setelah hadir di acara tersebut aku berhasil mengajak anak-anakku sarapan tadi pagi Chi (http://goo.gl/1HO7r)

      Delete