2/01/2014

Jahe yang menghangatkan

Musim hujan identik dengan dingin dan flu bagi seseorang yang tidak kuat dengan udara dingin. Biasanya saya menyiapkan teh untuk suami dan anak-anak.


Karena suami sering beli jahe segar, di kulkas menumpuk hanya sesekali saya merebus kalau kepingin. Ketika menyiapkan masakan (Senin hingga Jum’at saya menyempatkan memasak setelah sholat subuh, agar suami dan anak nomor dua saya membawa bekal ke tempat aktivitas mereka), melihat rempah yang bernama latin Zingiber officinale Irosc. Terlintas dipikiran  mengapa tidak mengganti teh menjadi jahe. Jadilah beberapa minggu ini, setiap pagi kami sarapan dengan jahe.
Asapnya masih kemampul  menebar aroma jahe yang khas.


Alhamdulillah saya dan suami diberi kesehatan tidak tertular flu. Sesekali kalau sore saya campur dengan kayu manis. Sengaja saya membeli banyak ketika berkunjung ke Loksado Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan.











Manfaat Jahe
1.       Mengobati penyakit asam urat
2.       Mengobati gangguan batuk
3.       Mengatasi infeksi
4.       Mengobati sakit kepala dan migrain
5.       Mengobati sakit perut
6.       Menambah nafsu makan
7.       Mengobati luka pada kulit
8.       Mengurangi gejala rematik/artritis

Kandungan zat gizi dan fitonutrien
1.       Vitamin B1 dan vitamin B2
2.       Flavonoid dan polifenol
3.       Minyak asiri



Wedang jahe ala saya sangat simple cukup kupas kulit lalu geprak. Untuk setengah kendi saya hanya menggunakan satu ibu jari jahe dan tak perlu menggunakan gula.  Kalau suka bakar terlebih dahulu jahe, lalu kupas dan geprak. Aromanya akan lebih legit.

Sumber
Wirakusumah, E., Jus buah & Sayuran (Jakarta:Penebarplus+)

2 comments:

  1. aku ndak suka jahe, sukanya minum jeruk anget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeruk juga sehat. Saya juga sering mencampur jeruk dengan jahe.

      Delete