9/17/2014

Menakar Pas Masalah

Geli. Seminggu ini sulit memecahkan masalah mudah. Mungkin ilmu yang saya miliki belum bulat maksudnya menyeluruh. Persoalan gampang,  dicari jalan keluarnya dengan cara  muter-muter. Untung saja ada teman yang memberitahu. Persoalan itu: 

1. Ketika memasukkan USB proyektor ke laptop. Layar monitor laptop mengecil. Sebentar lagi acara akan dimulai. Weh. Bagaimana caranya. Apakah tadi  memencet sesuatu atau memang ukuran tampilannya sengaja diperkecil oleh yang empunya. Memilih mengganti dengan laptop yang lain. Namun ketika mencabut kabel USB. Layar monitor kembali ukuran semula. Ha ha ha. Kata teman padahal tadi dia sudah memberitahu. Memang ukuran layar akan mengecil seperti itu apabila dihubungkan dengan proyektor. Selama ini  tidak mengamati. 

2. Beberapa hari ini bingung karena BB  tidak bisa dibuka. Salah password? Rasanya benar saja memasukkan password. Di layar BB muncul tulisan enter blackberry then continue. Ngubek-ngubek internet tidak menemukan jawabannya. Mencoba dengan cara mengetik blackberry kemudian tekan tombol tengah. Tidak terjadi apapun.  Saya mengira pemecahan masalahnya harus reset atau menginstall suatu aplikasi. Dalam hati sudahlah dibawa ke tempat servis saja. Ketika bertemu teman yang juga mempunyai BB ternyata.... problem solvingnya mudah sekali. Tulis blackberry kemudian tekan tombol enter (simbol panah ke kiri). Ya ampun, Di mana-mana yang namanya enter simbolnya ya itu. Bukan seperti yang saya lakukan menekan  "tombol di tengah".

Yup. Belajar dari kejadian ini next mencoba menakar masalah sesuai ukurannya. Memang baju... ada ukuran S, M, L, XL, XXL. Kalau memang ukuran baju L gunakan L. Atau menakar garam untuk masakan. Tidak kebanyakan tidak terlalu sedikit.

Mudahan bisa mendapat jawaban permasalahan hidup. Memetakan masalah itu penting  agar jalan pemecahannya mudah. 

2 comments: