7/23/2014

KESIAPAN JALUR LEBARAN 2014

Minggu pertama dan ke dua pada bulan Ramadhan  Masjid penuh. Minggu ke tiga mal yang penuh. Minggu ke empat jalanan yang penuh. 
Begitu seloroh ustaz yang mengisi acara NgobRol (Ngobrol Bareng Republika Online), Blogger dan Kementerian PU. Dalam rangka ngobrol tentang kesiapan Jalur Mudik. Bertempat di Ruang Sapta Taruna Kementerian PU jalan Sisingamaraja no 2 Jakarta Selatan.
Acara sebelumnya adalah pemaparan kondisi jalan Nasional jelang mudik 2014 oleh Menteri Pekerjaan Umum Ir Djoko Kirmanto, Dipl. HE. Beliau telah mengumpulkan informasi dari jajaran pejabat  Kemen PU bahwa hampir semua jalan sudah siap melayani pemudik. Contohnya jalan  di Palembang jalanan yang sebelumnya masih ditutup karung, Sekarang  sudah selesai dan siap untuk dijalani. Lintas Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan juga demikian.



Sesi tanya jawab


Rekan Blogger diberi kesempatan untuk bertanya. Beberapa pertanyaan berikut jawaban Bapak Djoko Kirmanto sebagai berikut:
  • Mengapa Pantura dibetulkan terus. Memang kekuatan jalan hanya setahun. Tidak bisakah setahun sebelum lebaran jalan sudah diperbaiki. Agar tidak mengganggu arus mudik?
Panjang jalur Pantura (Pantai Utara) adalah 1300 KM. Perbaikan di Cirebon atau perbaikan di Karawang. tetap disebut Pantura. Lokasi yang berdekatan seperti Demak dan Kuduspun pasti tidak pada satu titik. Tidak pernah ada perbaikan disatu titik. 

Setiap tahun selalu ada perbaikan. Tidak ada satu titik yang luput dari perhatian, termasuk bahu jalan yang gradasinya kurang baik.
  • Setiap lebaran sering terjadi kemacetan yang panjang salah satu penyebabnya adalah perbaikan jalan. Apakah perbaikan harus menunggu lebaran tidak adakah perbaikan berkala? 
Berkait dengan kemacetan ada tolak ukur untuk mengukur hal tersebut yaitu visi rasio volume dibagi dengan kapasitas. Apabila hasilnya dibawah 0,6 masih bagus seperti yang terjadi di lintas Sumatera sedang di Pantura antara 0,7 dan 0,8.

Solusinya adalah pelebaran jalan. Hal itu sudah dilakukan sejak tahun 1990. Kendala adalah pada pembebasan lahan. Sementara Serang Jakarta Cikampek Palimanan Cirebon sepanjang 116 km sudah selesai. Akhir 2015 sudah selesai palimanan. Semarang Solo 2-3 tahun lagi sudah nyambung.

Tol Penjagan Pemalang sudah mulai pelaksanaannya. Bawen-Salatiga diperlebar bahu jalannya dengan perbandingan 7.7.2. Ngawi dalam  pembebasan. Kertosono Mojokerto sudah lancar. Mojokerto progress-nya sudah mulai bagus.

Pemeliharaan rutin 2-3 tahun. Pemeliharaan berkala  setiap 5 tahun. Jalan mempunyai umur konstruksi 10 tahun. Membuat jalan tidak bersamaan. Pekerjaan pada jalan ada konstruksi baru. Pada tempat yang sama jenis kegiatannya berbeda.


Dalam rangka lebaran tahun 2014  Menteri PU menetapkan H-30, jalur mudik harus sudah siap untuk melayani pemudik.

  • Apakah PU tidak mengembangkan jalur alternatif?
PU hanya bertugas pada jalan Nasional, misal  jalan nasional Jakarta Cirebon. Ketika masuk Kuningan sudah meruapakan jalan Propinsi. PU hanya memberikan pembinaan. Apabila keadaan mendesak PU melakukan intervensi. Jadi jalur alternatif adalah wewenang pemerintah daerah (kalau saya tidak salah menyimpulkan??)


  • Apa kriteria mudik yang sukses?


- Kecelakaan berkurang. Ada paradoks sering jalan yang mulus dan lengang malah terjadi kecelakaan. Sehabis lebaran biasanya muncul angka kecelakaan dibandingkan dengan tahun lalu. Meskipun suatu kecelakaan tidak hanya dari kondisi jalan.

- Jalanan lancar. 
- Kritik lewat Twitter semakin kurang

Terakhir ada sesi kuis.

Pertanyaannya adalah tips pulang kampung yang terdapat  pada jingle Ayo Mudik yang baru saja diluncurkan ketika awal acara. Jawabannya adalah mengemudi dengan hati-hati, jauhkan alat komunikasi, cek segala kondisi kendaraan, barang bawaan dibatasi, jalan raya harus dijaga bersama, patuhi rambu lalu lintas, jangan lewati batas, Pilih kendaraan yang aman, dan pelan-pelan asal selamat. 


Bersamaan jingle juga  untuk pertama kali di publish microsite www.ayomudik.com. Berisikan info mudik (info jalan tol, rest area, peta mudik, panggilan darurat, berita terkini), tips mudik, dan lomba foto mudik.  Saya sempat mengulik ada infografis. Wuihh keren.




Untuk blogger yang hadir berkesempatan (kalau tidak salah) ikut lomba seperti pada image berikut: 

 pemenang lomba 'ngetweet'


2 comments:

  1. Wah, website-nya mudah-mudahan membantu pemudik. Jingle-nya lucuk! :D

    ReplyDelete