8/27/2013

Bekal Bersaing Dalam AEC 2015: Khususnya Pelaku Bisnis Salon.

Lihat bisnis makanan.sekarang saja sudah menjamur makanan dari luar, BBM juga  sudah menjamur  penanam modal dari luar. Apalagi nanti ditambah adanya. AEC 2015. Namun sebenarnya AEC bukan sebuah momok, karena ia lahir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat regional kawasan ASEAN.

Latar Belakang Masyarakat Ekonomi Asean

Dari www.depkeu.go.id/.../kesiapaninamenujuaec2015.ppt  ada beberapa yang melatari belakangi Masyarakat Ekonomi ASEAN

  •     Perdagangan intra dan extra ASEAN terus berkembang maka tumbuh kesadaran untuk  menjaga Sentralitas ASEAN dalam peta dunia yang semakin mengarah pada regionalism      Impetus untuk mewujudkan AEC antara lain:
  •   meningkatkan daya saing dan daya tarik vis a vis RRT dan India;
  • meningkatkan kesatuan dan posisi tawar ASEAN dalam rangka perundingan ASEAN + 1 (RRT, Korea, Jepang, Australia-NZ, India) dan arsitektur regional baru  (ASEAN+3/ASEAN+6/ASEAN+8?);
  •  merespon meningkatnya trend regionalism vs multilateralism

Adapun 12 sektor  prioritas  yang diintegrasikan adalah

7 Sektor barang dan 5 sektor jasa
  1. Agro-based products
  2. Air travel
  3. Automotive
  4. E-ASEAN
  5. Electronics
  6. Fisheries
  7. Healthcare
  8. Rubber-based products
  9. Textiles & apparels
  10. Tourism
  11. Wood-based products
  12. Logistics Services (2013)


Kemampuan Bersaing

Bagaimana dengan sumber daya manusia  kita menghadapi semua itu khususnya di bidang penyedia jasa seperti usaha salon? Menurut saya kemampuan bersaing pelaku bisnis tergantung pada  ability

  1. Memimpin manusia
  2. Kepemimpinan
  3. Motivasi pegawai
  4. Mengelola waktu
  5. Kreativitas
  6. Kinerja
  7. Produktivitas



Bagaimana bila salon-salon dari luar masuk seperti   salon Thailand yang profesional dan mempunyai sertifikat tingkat internasional. apakah akan menggeser salon lokal khususnya sekitar tempat tinggal saya?  Menurut saya tergantung dari kemampuan daya beli. masyarakat sekitar tempat tinggal saya, kemampuan salon lokal bersaing dengan memiliki kemampuan seperti yang saya disebutkan diatas, dan kecintaan produk/jasa Indonesia serta kesadaran masyarakat untuk memilih produk/penyedia jasa dari Indonesia (membantu ekonomi rakyat sendiri).

Analisis ini tentu baru dari kulit luarnya.  Mudahan  sedikit membuka mata kita semua untuk bersiap menghadapi AEC 2015.


SUMBER TULISAN:

Timpe, A.Dale. Seri Ilmu Dan Seni Manajemen Bisnis, , PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 1992




No comments:

Post a Comment