9/30/2013

Membawa Bekal: Tradisi Keluarga Kami


Anak pertama saya tidak suka jajan. Ia sehat. Sedangkan adiknya suka jajan gampang sakit. Ketika abinya membawa bekal ke kantor. Akhirnya Azra anak saya yang nomor dua mau juga dibawakan bekal.


Saya  membiasakan diri untuk memulai masak nasi setelah azan subuh. Agar masak sebelum jam 6 pagi. Sedangkan memasak sayur dan lauk biasanya setelah sholat subuh.  Harus pagi-pagi memang. Karena Azra masuk sekolah jam 6.30. Alhamdulillah dulu karena sering sakit berat badannya dibawah standar. Sekarang sudah normal.
Bekal Azra ,selain itu ia juga membawa air putih



Suami saya membawa bekal karena beberapa tahun ini tingkat kolestrol jahatnya tinggi. Dari medical check up report tahunannya kolesterol total 309. LDL 232 (Normal : < 130, resiko tinggi : 160). Trigliserida 273 (Normal :<150, tinggi : 200 -499. HDL 44 (resiko tinggi : < 45).

Semua orang tahu, kualitas minyak berpengaruh pada kadar kolestrol. Membeli makanan di sekitar kantor terkadang tidak bisa melihat penjual menggunakan minyak goreng (apakah bekas atau bukan) dan kebanyakan masakan yang bersantan.


Ketika saya diundang Sunco Indonesia melalui  Emak blogger, saya senang sekali. Karena saya menjadi tahu ada minyak yang aman untuk suami saya (maksimal15 gr sehari). Acara bukber (http://goo.gl/AQZ6Iu) dan launching web komunitas(http://37mw.blogspot.com/2013/09/launching-web-komunitas-wwwresepsehatcom.html).
Ikan Tuna kesukaan suami. Hasil menggoreng ikan tuna karena
cepat panas dalamnya cepat masak. Tampilan luar tetap bagus.

Minyak Sunco aman karena tidak mudah beku, kandungan asam lemak jenuh rendah sehingga meminimalkan peningkatan kolestrol (LDL kolestrol). Untuk saya yang pernah mammografi dan USG payudara serta disarankan konsultasi dokter bedah (sampai sekarang belum berani) menggunakan minyak SunCo berarti meminimalkan risiko kanker, karena minyak ini bening tidak cepat hitam. Rahasia beningnya berasal dari buah kelapa segar yang langsung diolah. Untuk anak saya, makan tanpa rasa gatal/serik di tenggorokan sebab SunCo berkarakter seperti air. Kualitas minyak goreng dapat dibuktikan dengan uji organoleptik.
Sesekali Azra membawa mie ke sekolah.



Mudah-mudahan dengan tradisi yang baik membuat keluarga saya semakin sehat.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan


Sumber tulisan

Brosur Sunco
Arora, Dr. Anjali. 2007. 5 Langkah Memahami Kolestrol. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

No comments:

Post a Comment